eresep.com

Resep masakan terlengkap dan dunia kuliner

jumlah total resep masakan 6810 resep

Wisata Kuliner Sidoarjo


Ikan Bakar Warung CJDW
Ada banyak kedai hidangan laut di Sidoarjo. Rata-rata mulai bertebaran ketika sore menjelang. Namun untuk menikmatinya sejak pagi sampai malam, biasanya kedai CJDW yang dituju. Berbagai jenis ikan bisa kita pilih sebelum di bakar. Ada ikan kuwe, bawal, dorang, tanggiri, tongkol, kakap putih, bandeng, kembung, kerapu, baronang hingga kakap merah. Selain ikan laut, tersedia juga ikan air tawar seperti patin dan gurame.
Ikan yang tersedia sudah bersih dan disimpan dalam coolbox. Setelah dipilih, ikan lalu dipasang penjepit khusus terbuat dari bambu dan kawat. Ikan akan ditangani oleh pengoles bumbu dasar. Bumbu ini Bening kekuningan dengan rasa asin gurih, lalu dibakar setengah matang. Setelah itu ikan dibalur lagi dengan bumbu kedua yang berbahan dasar kacang tanah dan kecap. Lalu dibakar hingga matang. Ikandisajikan di atas sejenis cobek lebar berbahan tanah liat. Di dasar cobek sudah diolesi dengan sambal.
Bumbunya cukup royal. Menutupi hampir seluruh permukaan dan cukup tebal. Rasanya campuran gurih kacang dan agak  manis. Namun jika suka pedas, cocolkan saja ke dasar cobek yang penuh dengan sambal.
Seekor ikan dijual dengan harga Rp 10 - 20 ribu. "Tergantung jenis dan ukurannya," tutur Hermanto (35), yang membantu mengelola usaha Bpk. H. Ony.
Lokasinya terletak di JI. Raya Cemeng Embong Malang (Cemengkalang). Telp (031) 71505422. Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan Sidoarjo ke arah Krian. Di kedai ini kita bisa bersantap sambil lesehan. Kapasitasnya mampu menampung sekitar 50 pengunjung. Namun jika Anda merasa kurarig nyaman dengan arus lalu lintas, datang saja ke cabangnya yang jauh lebih besar dan nyaman. Lokasinya di Perumahan Gading Fajar II Blok 3 No. 9 -10. Telp (031) 8051143. Kedai ini buka setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga 10 malam.

 

Ayam Crispy Lesehan Joyo
lngin bersantap ala lesehan dengan suasana nyaman? Datang saja ke lesehan Joyo. Menu andalannya adalah ayam goreng joyo. Ayam ini bergaya kremesan dengan bahan ayam kampung. "Ayam yang digunakan ayam kampung muda," jelas Vita, salah satu pengelola kedai ini.
Di kedai lesehan yang luas dan bersih ini hanya tersedia porsi setengah ekor atau ayam utuh. Meski demikian, karena ayam kampung muda, ukurannya tak terlalu besar. Ayam gorengnya empuk dan gurih dalam balutan tepung renyah yang tak kalah gurih. Disajikan terpisah dengan lalapan timun dan kemangi serta sambal. Selain ayam crispy, kedai ini juga menyajikan ayam dalam olahan yang lain. Ada ayam bakar, ayam penyet, ayam goreng madu hingga ayam mentari yang mirip fried chicken ala Kentucky. Untuk setengah ekor ayam, dijual Rp 12 ribu. Sedangkan 1 ekor ayam utuh harganya Rp 22 ribu.
Selain ayam, tersedia juga gurame dan bandeng dengan pilihan olahan bakar, goreng crispy, asam manis, saos mangga, hingga pepes. Ada juga sop buntut, trancam dan urap sebagai alternatif bersantap. Urapnya tak kalah mantap. Rebusan kacang panjang, kol, tauge dan kangkung begitu nikmat dengan campuran bumbu kelapa yang gurih pedas.
Untuk tempat bersantap, ada 3 wilayah yang bisa ditempati. Jika ingin santai, boleh pilih lesehan. Areal ini bisa menampung hingga 100 pengunjung. Sementara di tengah tersedia meja dan kursi yang bisa ditempati 80 pengunjung. Jika ingin lebih tenang, bisa memilih lokasi VIP yang bisa memuat hingga 60 orang. Suasananya sejuk dengan gaya bangunan tanpa dinding sehingga angin sejuk selalu berhembus. Cukup nyaman untuk menghalau hawa panas di Sidoarjo. Lesehan ini buka setiap hari sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam. Lokasinya di JI. Taman Pinang lndah Blok A5 No. 5. Telp (031) 8052620.



Bandeng Asap Ahmadi
Bandeng asap memang banyak ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Sidoarjo. Namun tentu lebih menyenangkan jika dapat memperolehnya langsung dari sang perajin. Anda bisa datang ke JI. Kartini No. 113. Di sini ada Bpk. Ahmadi (57), salah satu perajin bandeng asap. Di bagian belakang rumah ini is memproduksi bandeng asap, bandeng presto ' dan otak-otak bandeng setiap hari. Sedangkan di bagian depan terdapat meja dengan etalase kaca yang memajang produk buatannVa. "Semua nya dibuat fresh langsung setiap hari," imbuhnya.
Untuk membuat bandeng asap prosesnya lumayan rumit. Bandeng segar dibersihkan sisik, perut dan insangnya. Perutnya dibelah memanjang lalu dibersihkan. Kemudian bandeng direndam air garam selama 1 jam. Selain untuk rasa dan
pengawet, fungsi perendaman juga untuk membuat kulit bandeng terlihat mengkilat. Setelah itu bandeng di panggang selama 2 jam hingga matang. Perut bandeng terlebih lulu diganjal dengan kayu. "Supaya lubang perutnya melebar," tuturnya.
Kemudian bandeng memasuki ruang pengasapan selama 2 jam. Nah, kini bandeng siap dijual. Dalam kemasannya sudah tersedia sambal petis sebagai cocolan.

 


  • 25-08-2012 Bebek Songkem Pak Salim bebeksongkem[at]gmailcom

    Bebek Songkem Pak salim adalah bebek kukus khas Sampang Madura. Hadir di wilayah Sidoarjo : Food Court CITO mulai 1 September 2012 dan di Delta Sari Baru Cluster Puspa No. 40 087855311996, 031-8554684 mulai 2 September 2012. Info lengkap kunjungi kami di www.bebeksongkempaksalim.com

  • 27-03-2011 raksam menyengkayu[at]gmailcom

    enakkk reeekkk..............9rat!!!zz 0l333h

  • 14-06-2010 dee natalia_76[at]telkomnet

    tolong di infokan resep memasak ikan dorang selain di goreng biasa terima kasih

  • 28-10-2009 atik atik[at]niluhcom

    sepertinya enak, jd ngiler tapi aku sebel dengan durinya banyak banget bo

  • Tulis Komentar

    (E-mail)

     

Lihat lengkap

Tempat Wisata Kuliner Lain