eresep.com

Resep masakan terlengkap dan dunia kuliner

jumlah total resep masakan 6901 resep

Nasi (Sego) Boran yang khas dari Lamongan


Soto lamongan, iya ini adalah salah satu makanan yang paling terkenal dari lamongan, selain soto lamongan ada lagi makanan khas dari Lamongan yaitu Nasi Boran atau sego (nasi dalam bahasa jawa) boran. Penjual nasi boran, paling mudah dicari pada pagi hari dan lauk pauknya pun lengkap waktu masih pagi. Jam 3 pagi sudah banyak yang berjualan, . Pembeli dini hari, adalah para sopir, tukang becak dan masyarakat luar kota yang lewat Lamongan.

Para penjual menjajakan nasi boranan dengan lesehan yang beralaskan tikar. Penjual nasi ini berjejer memanfaatkan lahan kosong tempat parkir kendaraan di pasar lamongan.  setiap hari ada sekitar 20 orang penjual nasi boran yang berjualan di lokasi parkiran pasar ini.

Arti dari Nasi boranan sendiri adalah berasal dari nama sebuah perlengkapan yang dijadikan tempat nasi. Nasi itu dikukus dengan dandang yang kemudian ditaruh di tempat nasi yang disebut boran. Ketika dihidangkan dengan lauk pauk yang lengkap, nasi itu disebut boranan. Menu nasi boran, dihidangkan di atas daun pisang menunya terdiri dari urapan sayur, seperti daun singkong, kangkung, taoge, kecipir, diurap dengan parutan kelapa. Ada juga gimbal lembuk, yaitu adonan tepung berbumbu yang digoreng, dan rempeyek kacang.

Untuk tambahan lauk, tersedia telur asin, bandeng goreng, dadar telur, pilihan lain ada, ceker ayam, kepala ayam, ati dan ampela ayam, bandeng serta gorengan tempe dan tahu.

ayo siapa mau coba silahkan datang ke kota Lamongan, Jawa timur.
  • Belum ada komentar

    Saat ini belum ada komentar menggenai Nasi (Sego) Boran yang khas dari Lamongan

  • Tulis Komentar

    (E-mail)

     

Lihat lengkap

Tempat Wisata Kuliner Lain