eresep.com

Resep masakan terlengkap dan dunia kuliner

jumlah total resep masakan 7005 resep

Wisata kuliner Gresik


gresik adalah salah satu kabupaten yang berada di propinsi Jawa timur, gresik berjarak sekitar 20 km disebelah utara kota Surabaya. Gresik menjadi salah satu sentra budidaya ikan bandeng. maka tidak heran banyak aneka olahan makanan dari ikan bandeng. untuk makanan khas dari gresik adalah nasi krawu dan Pudak. Pudak adalah yang paling khas dari Gresik sehingga gresik sering juga disebut sebagai kota Pudak.

RM Bandeng Pak Elan
Dari arah Surabaya, biasanya kita akan melewati kawasan perkantoran Semen Gresik yang megah di JI. Veteran. saat melintas di jalan ini, Anda bisa mampir sejenak untuk mencicipi sajian khusus berbahan ikan bandeng. Tepatnya di JI. Veteran No. 69. Telp (031) 3981148.
Lokasinya tepat di seberang perkantoran kantoran Semen     Gresik. kita bisa mencicipi ikan bandeng goreng, bakar, otak-otak bandeng hingga bandeng telur. Istimewanya, semua bandeng sudah dicabut duri. Baik duri keras dan besar maupun duri yang halus dan kecil. Jadi tak perlu repot saat menyantapnya.
untuk cara mencabut durinya bandeng dibelash dari atas, Setelah itu, barulah bandeng diolah sesuai selera. Untuk bandeng bakar, bekas belahan tidak terlihat. Sehingga bentuknya tampak masih utuh. Buat yang tidak tahu, pasti bertanya-tanya bagaimana caranya menghilangkan duri bandeng. Bandeng bakar disajikan dengan cocolan saus sambal pekat berupa campuran cabai, kacang, kecap dan petis. Ada juga bandeng telur yang merupakan olahan daging bandeng yang digoreng dengan kocokan telur menyerupai perkedel. Semua menu ini
dijual rata-rata Rp 30 ribu per ekor. Ukurannya mencapai 5 - 6 ons per ekor.
Selain olahan bandeng, RM Pak Elan juga menyediakan menu lain seperti tahu telur, dadar telur, rawon, sate kerang hingga sayur asem. Nah, untuk minumannya, Anda boleh mencoba legen. Ini minuman yang diambil dari buah lontar alias siwalan. Rasanya manis dan sedikit menyengat. Mirip dengan air fermentasi tape. Disajikan dengan es batu membuat legen makin segar. Legen dijual Rp 3.700 per gelas. Namun jika sedang bersantap beramai-ramai bisa juga memilih ukuran 1 atau setengah bumbung yang dijual dengan harga Rp 9000 - Rp 17500.
Rumah makan Pak Elan I cukup lapang dan nyaman. Udara panas Gresik terhalau dengan hembusan ruangan full AC yang sejuk. Tersedia 17 meja panjang yang bisa Anda pilih untuk bersantap. Satu meja, bisa ditempati 8 - 10 orang. Rumah makan yang sudah ada sejak tahun 1950-an ini buka setiap hari sejak pukul 07.00 hingga 19.30. Selain RM Pak Elan I, terdapat juga RM Pak Elan II yang juga terletak di jalan yang sama.

Nasi Bebek Goreng Cak Selem
Sebagai kota yang tak begitu jauh dari Surabaya, hidangan bebek jelas masih disukai di Gresik. sebagian besar warga Gresik sepakat jika bebek racikan Cak Salem yang paling sedap. Lokasinya terletak di JI. Gubernur Suryo No. 60. Telp (031) 3971174.
Hidangan bebek di kedai ini terbagi empat. Ada menu lepas tulang, jeroan, tulangan dan kerangka. Masing-masing dibagi menurut namanya. Menu lepas tulang menyajikan bebek yang disajikan tanpa tulang. Jadi hanya dagingnya saja.  Biasanya yang diambil daging bagian dada dan paha.
Sedangkan menu tulangan menyajikan bagian sayap, kapala, leher dan brutu. Untuk menu kerangka digunakan bagian tulang dada dan punggung. Sedangkan jeroan menyajikan hati, usus dan ampela bebek. Semuanya dimasak hingga empuk dengan bumbu rempah yang kuat. Bebeknya sangat empuk dan sarat bumbu. Jika umumnya bebek goreng disajikan renyah, bebek di kedai ini justru disajikan agak basah. Bebek yang sudah diungkep lalu ditambah minyak goreng dan dimasak sebentar.
Semua bebek disajikan dengan sambal hitam yang pedas betul. Tentu saja dilengkapi dengan nasi pulen yang hangat. Seporsi bebek plus nasi dijual Rp 9 ribu. Sudah dilengkapi dengan lalapan kemangi, kol dan timun. Namun jika Anda suka yang digoreng kering, Cak Salem juga bersedia melayani.
Kedai buka setiap hari sejak pukul 09.30 - 21.30. Ada sekitar 20 kursi yang bisa ditempati di kedai mungil ini. Kebanyakan pembeli memang memilih dibungkus untuk disantap di rumah. Dalam sehari, Cak Selem mengaku membutuhkan hingga 40 ekor bebek.

Pudak Sari Kelapa
   Nah, untuk oleh-oleh, Anda bisa membawa pudak khas Gresik. ukup mudah memperoleh kudapan berbahan tepung beras dan santan ini. Biasanya, Para penjual terpusat di JI. Veteran atau kawasan Sindujoyo. Salah satu kedai yang banyak dituju adalah Sari Kelapa di JI. Sindujoyo No. 113. Telp (031) 3985069. Meskipun kedainya mungil, namun cukup terkenal karena rasa pudaknya yang gurih dan teksturnya yang lembut namun padat, tidak benyek.
   Di kedai ini pudak tersedia dalam dua jenis. Ada pudak putih dan pudak cokelat. Pudak putih dibuat dari tepung beras dan santan. Sedangkan pudak cokelat berbahan tepung sagu dan gula merah. Rasanya campuran gurih dan manis. Pudak dikemas menggunakan daun jagung yang dikeringkan. Lalu dijahit menyerupai kantung-kantung kecil dan diikat dalam satu renceng berisi 10 pudak. Satu renceng dijual Rp 14 ribu.
   Hampir seluruh kedai di jalan ini juga sekaligus menjadi toko oleh-oleh. Jadi selain pudak, juga tersedia jajanan lain seperti jenang ayas yang berbahan ketan berwarna-warni. Ada juga jobong yang menggunakan ketan hitam dan wijen. Selain itu juga tersedia otak-otak bandeng, petis, legen, bandeng asap, wingko hingga aneka kerupuk ikan dan teripang. Khusus pudak, bisa bertahan hingga 1 minggu di lemari es. Jika ingin menghangatkan, boleh dikukus.
   Kedai yang berdiri sejak tahun 1970 ini buka setiap hari sejak pukul 7 pagi hingga 9 malam. "Semua hidangan dibuat ala rumahan dan dikerjakan turun-temurun.


  • 20-09-2014 Bariyah Bariyahkhoiru[at]noliamailcom

    Makasih infonya gak lama lagi saya mau ke kota pudak itu jd gk bingung2 cari makanan khas gresik

  • 08-02-2013 Luluk luluktubasori[at]yahoocom

    Pelit amat sih infonya, mestinya dibuatin daftar nama warung dan alamatnya donk, kabarnya di wilayah GKB banyak tempat2 kuliner, koq disin gak ada daftarnya ??

  • 16-01-2013 emmy emmywulanp[at]yahoocom

    Ada lagi: 1. Rujak Cingur Di jl. Veteran, seberang rumah makan cianjur (IBC). Tempatnya kecil tapi rujaknya uenakkkk 2. Bakso (Cak So) Di GKB, dekatnya bundaran pintu masuk ke GKB. Baksonya kecil2, 1 porsi isi 15 biji 3. Bakso Giman Di jl sindujoyo, dekat pasar gresik & jl jawa GKB 4. Es Nona & Juice Aneka minuman jus, es buah, sup buah, es nona dll. Menggunakan air aqua. Tempatnya di jl jawa GKB

  • 30-03-2012 Vicky Vendy eyick_cleoniez[at]yahoocom

    ada lagi di gresik ada makanan khas pesisir gresik,yaitu " TELUR IKAN BU ZAENAL " ada beberapa telur ikan seperti telur ikan bader,telur ikan mujaer,telur ikan tengiri,telur ikan sembilang,dll pokoknya banyak lg.tak hanya itu saja,di depot buZAENAL juga menyajikan masakan khas pesisir diantaranya: kelokunir(asem-asem) ikan sembilang & ikan kuthuk,LOmboksia ikan kakap merah & ikan bandeng dan masih banyak yg lainnya.dijamin deh pasti mak nyus & muantep masakannya.

  • 28-08-2011 yustian yue_rahma[at]yahoocom

    ada lg yg terkenal bgt. NASI KRAWU BUK TIBAN. tmptny kecil d dpn SD NU trate. nasi krawunya sedddddeeeepppp bgt pooolllll... coba teh psti pngn blik&blik lgi. ada 1 lg kuliner khas gresik ygharus d coba. OTAK-OTAK BANDENG BU MUZANAH. bumbunya mak nyuuuuuuuuusss

  • Tulis Komentar

    (E-mail)

     

Lihat lengkap

Tempat Wisata Kuliner Lain