eresep.com

Resep masakan terlengkap dan dunia kuliner

jumlah total resep masakan 6903 resep

Wisata kuliner bogor


kali ini kita berwisata kuliner di kota bogor, kota yang sering disebut dengan kota hujan ini, mempunyai berbagai macam daya tarik kuliner yang memikat lidah banyak orang. kali ini kita jalan-jalan untuk mencicipi

Toge goreng khas Bogor Ma'Epon
kedai Ma Epon sudah berdiri sejak 1950, kedai ini menjual salah satu makanan khas dari kota bogor yaitu toge goreng. keistimewaan dari toge goreng terutama dari kedai Ma Epon adalah pada bumbu taoconya. terbuat dari taoco hitam yang dimasak dengan kemiri, cabai merah, bawang merah, bawang putih, irisan bawang daun dan tomat. semua dimasak dalam kendil tanah liat. dan tidak lupa ditambah dengan gula merah. untuk taoge dan mi, direndam sebentar didalam air mendidih diatas kuali berbahan tembaga.  sedang untuk memanaskan juga digunakan tungku tradisional dari kayu bakar, benar-benar tradisional dan khas.

taoge goreng disajikan dengan ketupat atau pisor (lontong) sesuai dengan selera pelanggan. lalu ditambah dengan irisan tahu kuning goreng. untuk menggugah selera tidak lupa disajikan dengan sambal kemiri berbahan cabai rawit, kemiri dan irisan jeruk limau. hasil akhirnya taoge yang renyah bercampur dengan rasa gurih, asam pedas dan manis, yummy....

untuk menuju kedai Ma Epon dari jalan suryakencana, lalu ke Jl. Padasuka sampai dibelakan Bank Lippo, sampai ditemukan pertigaan Jl. Besi. kedai Ma Epon berada di kiri jalan menempati teras pos kamling yang tidak terpakai. kedai buka pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Seporsi toge goreng dijual seharga Rp.5 ribu.


Bir kocok Mang Acep

Satu lagi yg khas dari bogor adalah bir kocok, tak perlu khawatir, bir ini bukan berbahan alkohol dan tidak memabukkan. Bir kocok khas bogor terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayumanis dan gula merah. sehingga cocok untuk menghangatkan badan. saat akan disajikan minuman ini dikocok-kocok dahulu didalam tabung. kocokan ini menimbulkan buih-buih seperti minuman bir, makanya disebut bir kocok.

Bir kocok mang acep sanggat populer walaupun hanya berjualan digerobak. Setiap hari buka dari jam 09.30 - 17.00 WIB, lokasi jualannya di Jl. Suryakencana, gang roda Bogor tengah.
 


  • 25-03-2012 yenitatenda chis_jak[at]yahoocoid

    mantap... bogor mang gak ada mati nya tentang kuliner.... paling suka saya sama soto mie bogor...

  • Tulis Komentar

    (E-mail)

     

Lihat lengkap

Tempat Wisata Kuliner Lain