eresep.com

Bihun

Bihun

Bihun atau mihun merupakan salah satu bahan makanan dari Cina berbentuk seperti mi namun lebih tipis. Dalam bahasa lnggris disebut rice vermicelli, rice noodles atau rice sticks. Kata bihun berasal dari bahasa Cina, bie berarti beras, dan hun berarti tepung. Jadi secara harafiah, bihun berarti mi yang terbuat dari tepung beras.
Proses pembuatan bihun diawali dengan pemilihan bahan baku berupa beras, dilanjutkan dengan penggilingan menjadi tepung kemudian dimasak dan melalui proses ekstrusi dicetak menjadi benangbenang, lalu dikeringkan dan dijual dalam berbagai kemasan.
Bila Anda menginginkan cetakan yang lebih lebar dan tebal dengan bahan baku dan proses yang sama bisa raja dilakukan, namun yang dihasilkan bukan bihun lagi melainkan kwetiaw.
Untuk membuat bihun, beras yang dibutuhkan adalah jenis beras pera atau Indika, dengan butiran lonjong panjang. Beras jenis ini umumnya kurang disukai orang Indonesia sebab nasinya keras dan kurang lengket. Dengan bahan baku beras pera, bihun yang dihasilkan tidak lengket bila dimasak, kerja mesin penggiling dan pencetak bihun jadi lebih mudah, serta pengontrolan tiap proses pengolahannyapun juga mudah. Penggunaan beras pulen akan menghasilkan bihun yang lembek dan lengket. Perlu diketahui, pera tidaknya suatu jenis beras ditentukan oleh kadar amilosa dan amilopektin. Keduanya adalah molekul polisakarida, polimer dari glukosa yang membentuk pati beras.
Beras pera memiliki kadar amilosa yang tinggi (25%-33%) atau beramilopektin rendah sehingga bila dimasak akan mengembang volumenya, tidak mudah pecah, nasinya kering, kurang empuk dan akan mengeras bila dingin. Pati dengan amilosa tinggi lebih balk dalam pembuatan bihun karena lebih stabil dan tidak mudah putus selama pemasakan.
Selain kandungan amilosa pada beras, faktor lain yang juga mempengaruhi kualitas bihun adalah suhu gelatinisasi dan konsistensi gel pati. Beras yang mempunyai suhu gelatinisasi tinggi apabila dimasak akan membutuhkan air yang lebih banyak dan waktu lebih lama dibandingkan dengan beras bersuhu gelatinisasi rendah.

Bubur ayam Sukabumi

resep Bubur ayam Sukabumi Untuk 10 porsiBahan-bahan :200 gram beras2 1/2 liter air kaldu ayam2 1/4 sendok

Ketoprak

resep Ketoprak Untuk 2 porsiBahan-bahan :2 buah lontong, potong-potong200 gram taoge, rebus seb

Bihun goreng

resep Bihun goreng Untuk 5 porsiBahan:200 gram bihun, rebus matang1/2 buah bawang bombay, iris panj

Bakso Super Pedas

resep Bakso Super Pedas Untuk 8 porsiBahan:300 gram daging sapi segar, potong-potong1/4 sendok teh poly

LAPIS SINGKONG KOMBINASI KETAN

resep LAPIS SINGKONG KOMBINASI KETAN bahan:400 gram singkong, diparut150 gram kelapa dari setengah tua, dikupas parut

ES SARI KACANG HIJAU

resep ES SARI KACANG HIJAU Bahan:8 sendok makan kolang kaling merah100 gram kacang hijau, rebus lunak350 cc

Bacem ayam bakar

resep Bacem ayam bakar untuk 10 porsiBahan-bahan :1 ekor ayam, potong 10 bagian1/4 sendok teh soda kue1

Es Buah agar-agar

resep Es Buah agar-agar UNTUK 7 GELASBAHAN:1 bungkus Agar-agar bubuk warna putih 100 gram Gula pasir 500