eresep.com

Resep masakan terlengkap dan dunia kuliner

jumlah total resep masakan 6895 resep

Wisata kuliner di Medan


MIE SOP METHODIST
JI. Methodist
Jam buka: Senin-Sabtu, pukul 10.00 -16.00 WIB (Hari besar/Minggu tutup)
Warung yang menggunakan gerobak sorong ini persis berada di depan gedung Methodist. Sejak dibuka pada tahun '90-an, mi sop ini selalu dipadati pengunjung. Dengan kuah hangat rasa rempah, ditambah campuran bakso dan potongan daging sapi, Anda pasti selalu ingin kembali lagi.

MIE ACEH TITI BOBROK
Lokasi: JI. Setiabudi No.17C
Jam buka: 11.00 - 21.00 WIB
kecuali Jum'at, 14.00 - 21.00 WIB
Kedai milik Fuadi Yusup ini berdiri sejak tahun 1997. Yang harus coba: mi dengan campuran kepiting, mi rebus, mi goreng, serta mi kuah yang rasanya lezat kaya rempah. Mi rebusnya berkuah kental dan sarat bumbu, disajikan bersama irisan mentimun yang segar. Harganya cukup murah, Rp6.000 perporsi. Ditambah kepiting, harganya menjadi Rp12.000 per porsi.

MIE SOP BLITAR
Lokasi : Polonia Ujung
Jam buka: Selasa-Minggu, pukul 15.00 -23.00 WIB (hari besar/Senin tutup)
Berdiri sejak 20 tahun yang lalu, warung Pak Munawar selain menyediakan mie sop, menu andalan lainnya, ayam goreng yang dipadukan dengan sambal rawit dan kuah mi yang hangat.

SOTO SINAR HARAPAN

Lokasi : jl.  Sei Deli No.2D
Jam buka: 09.00 - 15.00 WIB
Jika ingin menyantap soto khas Medan yang terkenal, di sinilah tempat yang tepat. Soto berkuah kental dengan cita rasa menyerupai soto padang yang sarat bumbu ini bisa dipastikan akan membuat Anda ketagihan.



SATE KERANG BATA
Lokasi: JI. Jendral Ahmad Yani, di sebelah toko sepatu Bata
Jam buka: 09.00 - 14.00 WIB
Jarang-jarang Anda bisa menikmati satai kerang yang disajikan bersama parutan kelapa yang disangrai hingga berwarna cokelat. Campuran antara cita rasa gurih dan manis, membuat satai ini lezat. Ada juga satai padang yang rasanya tak kalah nikmat. Bisa juga memesan es krim soda rasa cokelat vanilla yang menyegarkan.

RESTORAN TIP TOP
Lokasi: JI. Jendral Ahmad Yani No.92 Jam buka: 18.00 - 23.00 WIB
Salah satu restoran tertua di kota Medan. Ada sejak zaman Belanda. Anda bisa menikmati berbagai menu pilihan, yang terdiri dari hidangan Indonesia, barat, maupun Cina. Jangan lupa menikmati es krim 'tempo doeloe' yang rasanya khas.



SATE PADANG KUTACHANE
Lokasi: JI. Yose Rizal
Jam buka: 10.00 WIB - sore
Satai padang berbumbu kari yang rasanya agak pedas ini amat lezat bila disantap bersama jus markisa segar.

BIHUN BEBEK KUMANGO
Lokasi: JI. Jendral Ahmad Yam
Jam buka: 07.00 WIB - sore
Bihun bebek yang sudah ada sejak tahun 1967 ini amat terkenal di seantero Medan. Dihidangkan bersama kuah panas yang masih mengepul...sungguh menggugah selera.

BIHUN IKAN
Lokasi: JI. Yose Rizal, simpang Kuta - Cane
Jam buka: 10.00 - 23.00 WIB
Berbeda dari bihun bebek yang berkuah bening, bihun ikan berkuah agak kental. Campuran yang digunakan ke dalam bihun adalah irisan daging ikan kakap putih.

MIE TIONG SIEM
Lokasi : Selat Panjang
Jam buka : Setiap hari, pukul 17.00 - 24.00 WIB (Hari besar tutup)
Tidak hanya disukai warga Medan, pelancong lokal maupun mancanegara juga kerap singgah untuk mencicipi kelezatan mi Tiong Siem. Irisan daging merah ditambah pangsit yang dicampur ke dalam mangkuk bisa dipastikan menggoda selera Anda.

MI REBUS/SATE MEMENG IRIAN BARAT
Lokasi: JI. Irian Barat
Jam buka: Setiap hari,
pukul 17.00 - 24.00 WIB (Hari Besar tutup) Tergoda ingin mencicipi mi rebus berkuah kental (dengan campuran sagu)? Datanglah ke sini, letaknya bersebelahan dengan gedung Uniland Plaza Medan. Mi rebus yang dipadukan kuah sagu dengan campuran asam jeruk, kecap, dan cuka ini sungguh terasa nikmat. Anda juga bisa menikmati Sate Memeng yang sudah dikenal sejak era '50-an.

SANG WO GARASI
Lokasi: JI. Meranti
Jam buka: 19.00 WIB - selesai
Disebut Sang Wo (artinya shabu-shabu dalam bahasa Cina) Garasi, karena memang pintu masuk ke restoran ini melalui garasi. Di restoran yang berkapasitas hanya 5 meja ini tersaji hidangan khas Jepang: shabu-shabu. Uniknya, pengunjung yang datang harus memesan makanan sehari sebelumnya, dan hanya akan disiapkan sesuai pesanan, jadi tidak boleh nambah lagi.

SOTO UDANG
Lokasi : Sun Yat Sen
Jam buka: 09.00 - 14.00 WIB
Soto udang berkuah santan ini sangat gurih kaldunya. Enak dimakan selagi hangat bersama sepotong perkedel dan kulit ayam goreng renyah.

ES KRIM TOM JERRY DAN ES KRIM RIA
Lokasi: JI. Surabaya
Jam buka: 10.00 - 21.00 WIB
Kedai es krim ini sudah berdiri sejak lama. Kesan oldies langsung tertangkap ketika kita memasuki kedai ini. Ada berbagai rasa es krim yang ditawarkan, seperti pandan, vanili, nangka, jagung, dan moka. Harganya relatif murah, hanya Rp5.000 per cup.

TOKO KUE IBU LIE GIOK SIM.
Lokasi: JI. S. Parman
Jam buka: 09.00 - 17.00 WIB
Tersedia aneka kue, mulai dari bolu mini rasa pandan, keju, moka, jeruk, brownies, aneka pai, wingko babat, hingga burger mini dan nasi uduk komplet.
 
RESTORAN TUNG TUNG YIN SHI TIEN TI
Lokasi : Kejaksaan
Jam buka : 11.00 - 21.00 WIB
Kalau bertandang ke sini, pesanlah bebek panggang. Kulit bebeknya garing. Pesan pula tahu salju, yang diolah asam manis dengan tambahan udang, cumi. Udang goreng telur dadar, terung dan buncis tumis terasi, serta tumis taoge.

SOP KAMBING SIMPANG KUMANGO
Lokasi: JI. Perniagaan
Jam buka: Senin-Sabtu, pukul 18.00 -20.30 WIB (hari besar/Minggu tutup)
Ingin coba sup kambing terlezat di kota Medan? Datanglah ke Perniagaan. Hidangan ini dapat dinikmati hanya dengan Rp20.000.

BAKSO LEBONG
Lokasi: J1. Lebong
Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB
Bakso ini sangat terkenal di Medan. Terbukti dari banyaknya foto-foto artis ibu kota yang terpampang pada sebagian tembok resto.

PANTANG DILEWATKAN!
- Rumah Makan Khas Batak ROBEMA, JI. Multatuli
- Bakmi Khek dan Kuetiau, JI. Andalas. Karena selalu ramai pengunjung, datanglah sebelum pukul 9 pagi kalau tidak mau kehabisan.
- Sop Kambing Tapanuli, Tapanuli
- Sate Padang, Kalimantan
- Sate Padang Triadi, Bandar Baru
- Nasi Campur Afuk (non-halal), JI. Brigjen Katamso
- Mie Kumango, JI. Mangkubum
- Restoran Tong's. JI. Kejaksaan No.7D
- Strawberry. Medan Plaza Lt.1, samping JI. Orion
- Hokkien Mie (non halal). Bangka


Kawasan Jajan Asik Di medan

MERDEKA WALK
Lokasi: Lapangan Balai Kota Medan Jam buka: Pukul 18.00 - 03.00 WIB
Inilah tempat gaul warga Medan yang digandrungi. Berbagai jenis makanan ada di sini, mulai dari makanan khas Jepang, Melayu, sampai hidangan eropa. Yang juga unik, di sini Anda bisa menemukan kedai yang menjual sisha, cerutu eksotis dari Timur Tengah.
    Yang tak kalah unik, ada roti tisu, semacam nachos lebar yang dibentuk menyerupai trompet disiram susu cokelat kental manis dan diberi taburan keju parut. Rasanya enak!
    Di sini juga ada Restoran Nelayan, tempat makan terkenal di Medan menyajikan aneka seafood. Selain seafood, ada nasi bungkus berbentuk segi tiga. dengan dengan pilihan lauk tinggal pilih: ayam, daging, telur, atau teri medan.


 
GEMARA ASRI

Lokasi: JI. Krakatau, Kompleks Perumahan Camara Asri
Jam buka: Setiap hari,
pukul 17.00 - 22.30 WIB (hari besar tutup)
Di sini berderet restoran yang menyajikan hidangan seafood yang lezat. Salah satunya adalah Taberu Restaurant. Menu pilihannya, kepiting saus padang, ayam lada hitam, hupei berupa goreng telur dengan gurami sedap malam, sungguh menggugah selera.
    Ada juga resto Seafood Marco. Menu andalannya, kepiting saus pedas, udang masak kecap, cumi goreng tepung, serta fuyunghai.
    Berbeda dari Jakarta, fuyunghai khas Medan ini cara memasak telurnya tidak didadar, melainkan diorak-arik. Hidangan serba seafood ini

makin sedap disantap dengan kangkung belacan dan taoge tumis ikan asin.
 
KESAWAN SQUARE
Lokasi: Sebagian
JI. Jondral Ahmad Yani
Jam buka: Setiap hari, pukul 19.00- 03.00 WIB
Sebelum ada Merdeka Walk, tempat ini adalah lokasi nongkrong anak muda Medan paling ngetop. Hingga kini, Kesawan Square masih ramai didatangi pengunjung.
    Pada siang hari, kawasan ini adalah sebuah jalan raya yang cukup ramai. Menjelang sore, jalan ditutup dan ditata ratusan deretan kursi dan meja makan, seperti Kya-Kya di Surabaya.
    Uniknya, di sini ada kawasan halal dan non-halal. Kawasan yang menyajikan hidangan halal ditandai oleh meja berwarna biru, sedangkan kawasan non-halal ditandai oleh meja berwarna merah.
     Anda bebas menentukan sendiri jenis makanan yang ingin dinikmati. Jadi, kosongkan perut sedari sore untuk siap bertualang kuliner di kesawan Square.

JALAN SEMARANG
Lokasi: JI. Semarang
Jam buka: 07.00 - 12.00 WIB
    Bagi penggemar bihun, bertandanglah ke Bihun Bebek Atak. Bihun bebek yang diseduh dengan kuah bening, dicampur dengan irisan daging dan jeroan bebek. Lalu ditambah daun selada, taburan bawang putih goreng dan potongan cabai rawit iris. Sungguh menggugah selera.
    Pilihan lainnya, ada Lontong Sayur Ahua. Lontongnya pulen dan kenyal. Disajikan dengan gulai labu siam yang dipotong dadu plus sedikit irisan wortel, ditambah kering kentang, perkedel, dan telur rebus. Hmm

 


Oleh-oleh dari medan

BIKA AMBON
Lokasi: Sepanjang JI. Mojopahit
Jam buka: 08.00 - 19.00 WIB
Tak lengkap rasanya jika ke Medan tanpa membeli bika ambon. Pusat penjualannya terletak di sepanjang JI. Mojopahit. Selain bika rasa klasik, ada pula bika ambon rasa pandan, keju, karamel, juga durian.Tinggal pilih, mana yang paling cocok dengan lidah dan isi dompet.

BOLU MERANTI
Lokasi: JI. Kruing No.2K
Jam buka: 08.00 - 19.00 WIB
Beberapa tahun belakangan ini, Bolu Meranti menjadi pilihan favorit sebagai oleh-oleh dari Medan. Kalau dulu hanya ada bolu rasa nanas, sekarang ada rasa keju, keju cokelat, moka, pandan, bahkan rasa blueberry.

DURIAN
Lokasi: JI. Glugur Bypass, JI. Semarang, JI. S. Parman, JI.Pringgan
Jam buka: tidak ada jam khusus
Durian dari Sumatra Utara memang sudah tersohor. Di sekitar bulan Desember-Februari, harga durian menurun tajam. Tapi, kalaupun belum musimnya, anda tetap bisa menikmati durian. Datanglah ke lokasi di atas. Kalau mau dijadikan buah tangan, pedagang durian di Medan menyediakan kotak plastik yang solid dan kedap udara.

JUS TERONG BELANDA
Lokasi: Sepanjang JI. Mojopahit
Jam buka: 08.00 - 19.00 WIB
Selain enak disantap segar, terung belanda juga nikmat dibuat jus ataupun sirop yang dijual dalam kemasan botol. Selain yang rasa asli, ada pula yang dicampur markisa. Namanya, jus martabe (markisa-terung belanda).

IKAN TERI
Lokasi : Pajak ramai
Jam buka: 07.00 - 17.00 WIB
Ingin menikmati lauk teri Medan? Atau ikan pari goreng kering? Jika tidak sempat mencari rumah makan yang menyajikan lauk-pauk tersebut, Anda bisa, kok, membawa pulang teri medan sebagai oleh-oleh. Pedagang teri akan mengepak oleh-oleh Anda dalam wadah kedap udara.

Tempat wisata sekitar Medan

PEMATANG SIANTAR (SIANTAR)
Dalam perjalanan menuju kota ini, Anda bisa singgah di Pasar Bengkel, sentra penjualan dodol pulut (dodol ketan), yang terletak di Serdang Bedagai.  rasanya bermacam macam, ada durian, pandan, nanas, dan sirsak.
    Selain dodol, cicipi pula satai khas daerah ini, yang dibakar dengan bumbu kari. Dengan membayar Rp500 - Rp1.000 per tusuk, Anda bisa menikmati satai kerang, telur puyuh, udang, sampai... jengkol! Tiba di Pematang Siantar, rasakan nikmatnya camilan berbahan dasar kacang dan gula, yang namanya unik: ada pang-pang, ting ting, teng-teng, tang-tang, dan tong-tong. Jangan lupa mencicipi roti ganda dan selai sarikaya yang sudah
terkenal kelezatannya di seantero Sumatra Utara.

BINJAI
Binjai terletak sekitar 30 menit dari kota Medan. Di Rumah Makan Irian, yang terletak diKapten Muslim No.10-12, Anda bisa memesan i fu mie. I fu mie khas Binjai yang asli sama seperti yang dijual di Jakarta: mi digoreng sampai garing, lalu disiram topping sesuai selera, misalnya sayur cap cay.
    Makanan lainnya adalah ayam goreng kampung khas Binjai, can pia (sejenis lumpia isi kepiting, udang, wortel, dan sayuran), dan tim ikan jurung, yaitu ikan yang hanya hidup di sungai yang aliran airnya deras. Karena ikan ini tergolong langka, harganya jadi agak mahal, yaitu Rp180.000 per ekor.

BRASTAGI
Brastagi adalah kawasan pegunungan berhawa sejuk (1.300 m di atas permukaan laut). Dari Medan, kota ini bisa ditempuh antara 1-1,5 jam.
    Datanglah ke pasar buah Brastagi, di sini banyak dijual buah-buahan khas Sumatra Utara, seperti markisa, terung belanda, dan jeruk medan.  banyak pula dijual bibit bunga dan tanaman cantik lainnya, seperti bunga amarilis dan gladiol. Bibitnya dijual dalam bentuk umbi, sehingga praktis untuk dibawa.

PARAPAT
Parapat adalah kota yang terletak di tepi Danau Toba. Jalan raya menuju kota ini berliku-liku, di kanan-kirinya berjajar hutan pinus atau hutan kayu putih. Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba yang hamparan airnya berwarna biru kehijauan.
    Anda juga bisa menikmati Danau Toba dari sisi yang berbeda apabila menyeberang ke Pulau Samosir. Di pulau ini juga ada sumber air panas yang menyebabkan air Danau Toba terasa hangat.


ISTANA MAI MOON
Lokasi: Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun
Ruang dalam istana Kesultanan Deli ini terbilang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India, dan italia. Penasaran?

MASJID RAYA AL-MANSUN
Bangunan yang terletak sekitar 200 m dari Istana Maimoon ini dibangun pada tahun 1906 oleh Sultan Maimun Al Rasyid. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Al-Mansun juga banyak dikunjungi oleh turis domestik dan mancanegara.

PENANGKARAN BUAYA ASAM KUMBANG
Lokasi: JI. Bunga Raya.
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB
Tempat penangkaran buaya ini adalah daya tank turis domestik maupun mancanegara saat berkunjung ke Medan. Agar bisa menonton atraksi paling menarik, sebaiknya Anda datang sekitar pukul 5 sore.

RUMAH TJONG A FIE
Lokasi: JI. Jendral Ahmad Yani
Bangunan bertingkat dua milik Tjong A Fie yang merupakan perpaduan karya arsitektur Gina dan Eropa ini begitu menawan, meski tampak agak kusam.


  • 01-05-2014 alphaduo alphaduo[at]gmailcom

    Ayam penyet kak tari medan Jl.bunga asoka no 18 b medan

  • 08-11-2012 makmiss manineyeglasses[at]gmailcom

    toko roti di p.siantar byk.tp yg pling enak Roti Ganda asli siantar

  • 15-12-2011 taufik TKAMIL26[at]YAHOOCOID

    kangen pulang kampung coii

  • 04-11-2011 fanny fannyy01[at]yahoocom

    tolong kirimi resep soto udang bening medan dong please,aku suka sekali mau buat sendiri di rmh...

  • 19-01-2011 san sansanlewi[at]yahoocom

    Buat ira yah itu yg di bilang mie sop methodist yg jl.hang tuah .

  • 15-06-2009 Adri adrijhonrahman[at]yahoocom

    lapar coooy

  • 04-11-2008 ira irahtg[at]yahoocom

    misop metodist skrg 1 porsinya 18rb.. posisi masuk dr jalan cikditiro..ada gereja di perempatan,,masuk,,ada tenda2 disitu,,,smua makannya emng enak...

  • 14-08-2008 Risma lie_s_ly[at]yahoocom

    Makanan medan emang siiiiiiiiip deh. Eunak, dijamin ketagihan.Btw jl.methodish itu di dekat mana ya? Kl mie sop yg di jalan Hang Tuah dekat kampus UMI nah itu gue tau....Please ks alamat jelasnya...ntar kita sambangin deh

  • 21-06-2008 astrid herrera_velita[at]yahoocom

    asik jg, jd kangen nich ma masakan medan... wah........jd kepingin ma soto medanx.

  • 07-06-2008 dewi dewipr04[at]yahoocom

    kirimi saya resep soto udang medan dong

  • Tulis Komentar

    (E-mail)

     

Lihat lengkap

Tempat Wisata Kuliner Lain