Detail Bumbu dan bahan masakan Daun jeruk

Daun jeruk

Daun jeruk

Daun jeruk purut atau limau sebagai bumbu penyedap masakan. Menu masakan dari Thailand, Kamboja, Semenanjung Malaya, Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Pulau Bali menggunakan daun jeruk purut sebagai pengharum masakan. Sebagai bumbu masak, daun maupun buah jeruk purut sukar dicari penggantinya, apabila terpaksa bisa menggunakan kulit jeruk nipis. daun jeruk dapat dikeringkan sehingga dapat dipakai pada waktu yang lama dan dapat bertahan selama 1 tahun. selain dikeringan bisa juga dengan dibekukan untuk pengawetannya.
Cara menggunakan daun ini cukup mudah cukup dimasukan dalam keadaan utuh pada waktu memasak atau dirajang terlebih dahulu supaya aromanya lebih keluar.  daun jeruk sering digunakan sebagai penetral bau amis atau bisa juga sebagai penambah aroma khas seperti pada masakan pecel atau gado-gado.

Resep terkait resep berbahan Daun jeruk ...

Kalio buntut

untuk 6 porsikalori per porsi 350 kalBahan :1 kg buntut sapi1 L air3 sdm minyak untuk menumis1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan2 lembar d

Gulai nangka

Untuk 5 porsi Bahan: 300 gram nangka muda, dipotong-potong, direbus 100 gram kol, dipotong-potong 100 gram kacang panjang, dipotong-potong 1.

Sambal ebi kacang tanah

BAHAN200 g    ebi, sangrai sampai panas, tumbuk halus *)100 g    kacang tanah, kupas, seduh air panas campur 1/2 sdt gar