Detail Bumbu dan bahan masakan Kurma

Kurma

Kurma

Buah ini sering kita jumpai pada saat bulan Ramadhan, karena buah ini dianjurkan sebagai buah untuk menu berbuka puasa.

dalam bahasa Arab kurma dinamai Tamr, Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez- Kurma Mon 2006).
Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

buah kurma Bentuknya lonjong- Kurma silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2- Kurma 2,5 cm dan tebalnya 6- Kurma 8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi- Kurma kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaan Arab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar dapat mengandung sumber vitamin C dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit dan hal ini tidak menjadikannya jauh lebih pekat pada saat proses pengeringan berlangsung, meskipun vitamin C- Kurma nya akan hilang.

Kurma mempunyai varietas yang berragam tergantung dari daerah pembudidayaannya, berikut ini varietas kurma yang dikenal :
- Kurma  Aabel pada umumnya dari Libya.
- Kurma  Ajwah (kurma nabi) berasal dari kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed di Saudi Arabia.
- Kurma  Al- Kurma Barakah dari Saudi Arabia.
- Kurma  Amir Hajj atau 'Amer Hajj' dari Irak, kurma ini lembut dengan kulit yang tipis namun dagingnya tebal, terkadang dijuluki "the visitor's date" (kurma wisatawan) karena kelezatannya disajikan untuk tamu.
- Kurma  'Abid Rahim, dari Sudan.
- Kurma  Barakawi , dari Sudan.
- Kurma  Barhee atau (barhi) bentuknya hampir silinder, berwana kuning sawo terang ke coklat tuaan ketika matang; lembut dengan daging yang tebal dan kaya akan rasa. Satu dari sekian jenis yang bagus adalah kurma khalal ketika menguning(seperti anggur yang dikeringkan, seperti kismis).
- Kurma  Bireir dari Sudan.
- Kurma  Datça Date dari Turki, jumlah kurma terletak di paling utara, di Mediterania.
- Kurma  Deglet Noor ('kurma cahaya') dinamakan seperti itu karena bagian tengahnya terang atau berwarna keemasan ketika di sinari ke matahari. Kurma ini terkenal di Libya, Aljazair, Amerika Serikat dan Tunisia. Di Tunisia, kurma ini tumbuh di pedalaman oasis dan diutamakan untuk diekspor. Jenis kurmanya semi kering dan terasa tidak terlalu manis.
- Kurma  Derrie atau 'Dayri' (kurma 'Biara') dari bagian selatan Irak dengan bentuknya panjang, ramping, warnanya hampir hitam dan terasa lembut.
- Kurma  Kebun Buah Pohon Kurma, Boumalne, Moroko
- Kurma  Empress dibudidayakan oleh DaVall Family di Indio California USA dari pembibitan of *'Thoory'. Bentuknya besar, lebih lembut dan lebih manis daripada 'Thoory'. Pada umumnya berwarna sawo matang terang pada bagian setengah ke atas dan setengah ke bawahnya berwarna coklat.
- Kurma  Ftimi atau 'Alligue' tumbuh di pedalaman oasis Tunisia.
- Kurma  Holwah (Halawi) ('kurma manis') dengan teksturnya lembut, rasanya luar biasa dan bentuknya dari kecil sampai sedang.
- Kurma  Haleema di Hoon, Libya (Haleema adalah nama seorang wanita).
- Kurma  Hayany dari Mesir (Hayani) (Hayany adalah nama seorang laki- Kurma laki) berwarna merah gelap hampir kehitaman dan lembut.
- Kurma  Iteema umumnya dari Aljazair.
- Kurma  Khajur umumnya dari India / Pakistan.
- Kurma  Kenta umumnya dari Tunisia.
- Kurma  Khadrawy ('hijau') budidaya yang di istimewakan oleh orang Arab, tekturnya lembut dan warnanya sangat gelap.
- Kurma  Khalasah ('saripati') satu dari kultivar palem yang terkenal di Saudi Arabia, terkenal karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu tinggi dan rendah, yang mana disukai oleh banyak orang. Buahnya dijuluki 'Khlas'. Tempatnya yang terkenal yaitu 'Huffuf' (Al- Kurma Ahsa) dan 'Qatif' di Timur Provinsi Saudi Arabia (Al- Kurma Sharqheyah).
- Kurma  Khastawi (Khusatawi, Kustawy) kurma yang terkenal akan kelembutannya di Irak; rasanya seperti sirup dan berukuran kecil, ditanam di gurun.
- Kurma  Maktoom ('sembunyi') bentuknya besar, berwarna merah kecoklatan, berkulit tebal, lembut, rasa manisnya sedang.
- Kurma  Manakbir dengan sejumlah buah yang matang lebih awal.
- Kurma  Medjool atau (Mujhoolah) ('tidak diketahui') dari Maroko, juga tumbuh di AS, Saudi Arabia, Jordan, wilayah Palestina dan Israel; besar, manis dan banyak mengandung air.
- Kurma  Migraf (Mejraf) sangat populer di bagian selatan Yaman, bentuknya besar, berwarna keemasan.
- Kurma  Mgmaget Ayuob dari Hoon, Libya.
- Kurma  Mishriq ('Timur')‎ dari Sudan dan Saudi Arabia.
- Kurma  Mozafati dari Iran, sebagian besar tumbuh di provinsi Kerman, dan sering dijuluki "Kurma Bam (Mozafati)", menurut sebuah kota di provinsi itu. Warnanya gelap, lembut dan terasa manis dengan ukuran yang sedang. Kurma ini lebih baik dikonsumsi ketika masih segar karena tidak tahan lama.Pada suhu - Kurma 5 derajat Celsius (23 °F) dapat disimpan sampai 2 tahun lamanya. Di hitung 10% dari perusahaan kurma orang Iran (100,000 ton[kira- Kurma kira], yang mana 30% diekspor).
- Kurma  Nabtatseyf dari Saudi Arabia.
- Kurma  Rotab dari Iran, berwarna gelap dan terasa lembut.
- Kurma  Sag‘ai dari Saudi Arabia.
- Kurma  Saidy (Saidi) dengan tekstur lembut, sangat manis, terkenal di Libya.
- Kurma  Sayer (Sayir) ('umum') berwarna tua oranye ke coklatan, berukuran sedang, terasa lembut dan seperti sirup.
- Kurma  Sekkeri (lit. bergula) Kulit berwarna coklat tua; jelas terasa manis dan daging yang lembut, dari Saudi Arabia, jenis yang paling mahal.
- Kurma  Sellaj dari Saudi Arabia.
- Kurma  Tagyat umumnya dari Libya.
- Kurma  Tamej dari Libya.
- Kurma  Thoory (Thuri) populer di Aljazair, kurma kering dengan warna coklat kemerahan ketika diawetkan warnanya mekar kebiru- Kurma biruan dan kulitnya sangat berkeriput. Dagingnya terkadang keras dan rapuh tapi rasanya bisa dideskripsikan sebagaimana manis dan pedas.
- Kurma  Umeljwary dari Libya.
- Kurma  Umelkhashab dengan Kulit merah benderang; rasanya pahit rada manis, dagingnya putih kaku (Saudi Arabia).
- Kurma  Zahidi ('alam') dengan ukurannya sedang, silinder, berwarna terang emas ke coklatan, kurma yang semi kering dengan sangat manis dan dijual mulai dari yang lembut, sedang dan keras.
- Kurma  Zaghloul adalah Kurma Kulit berwarna merah tua, panjang dan sangat garing ketika disajikan (selalu), gulanya begitu tinggi sehingga mengering ketika dimakan. Jenisnya penting dan khusus di Mesir, dimana menaklukan rasa nasionalis. (Saad Zaghloul pahlawan besar orang Mesir).

cara menyimpan buah kurma
cara menyimpan buah kurma adalah dengan menyimpan di freezer dibungkus dengan kertas roti atau bisa juga disimpan dalam kotak kedap udara, sehingga kurma akan lebih tahan lama dan tidak cepat busuk.

Cara Memilih buah kurma
- Ada beberapa jenis kurma yang memang permukaan kulitnya seperti keriput. Namun  keriput itu bisa jadi tanda bahwa kurma tersebut segar. Kurma segar yang baru dipanen biasanya dagingnya tidak keras, lembut, kenyal, dan kulitnya tampak mengkilat. Jika di kulitnya terdapat serbuk berwarna putih, kurma tersebut masih bisa dipilih. Namun jangan memilih kurma yang di permukaan kulitnya terdapat semacam kristal gula.
- Pilih kurma yang memiliki bagian kulit luar kering dan berdaging tebal. Usahakan agar kulit halusnya tidak pecah atau rusak.
- Untuk kurma yang sudah tua dan matang, bagian dagingnya sangat mudah dilepaskan dari biji.
- Usahakan untuk memilih kurma yang tekstur buahnya lebih lunak dan terlihat seperti manisan namun tidak lengket ketika dipegang.
- Pilihlah selalu buah kurma yang memiliki tampilan kulitnya berwarna cokelat dan agak kekuningan.
- Terakhir, Buah kurma tersebut memiliki kemasan yang baik dan tersegel dengan rapih agar terhindar dari bakteri.

dari berbagi sumber

Resep terkait resep berbahan Kurma ...

Kue kurma renyah

Bahan 225 g mentega200 g gula bubuk2 kuning telur ayam250 g kurma, buang biji, potong dadu 1/2x1/2 cm150 g cokelat masak putih (white cooking chocolat

Es kurma jeli

Bahan 1:Jeli bubuk 1/2 bungkusGula pasir 75 gramAir 300 mlEsen melon 1/4 sendok tehPewarna hijau secukupnyabahan 2:Nanas 1/2 buah, potong daduLeci kal

Brownis kacang kurma

Untuk 20 loyangBahan:3.000 gram margarin3.500 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong50 butir telur1.000 gram gula pasir 1.000 gram gula palem 1.000