eresep.com

Ikan Cod

Ikan Cod

ikan kod atau ikan cod, ikan kod hidup diperairan dingin di samudera Atlantik, Pasifik dan Artik. Ikan kod menjadi salah satu ikan komersial yang paling penting dan banyak dikonsumsi di belahan bumi utara, dikarenakan konsentrasi minyak yang ditemukan dihati sehingga dagingnya rendah lemak.
Hati ikan kod diproses menjadi minyak hati ikan kod, salah satu sumber utama vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan asam lemak omega-3. Berikut ini jenis-jenis ikan kod :

1. Poor cod (Trisopterus minutus capelanus)
dikenal juga sebagai capelan, poor cod dapat tumbuh hingga 40cm (16in) dan ditangkap / dipancing diperairan Altantik timur sampai dengan pantai Atlantik di Mediterania, ikan ini populer di eropa selatan. Dengan daging yang lembut, putih, halus dan dengan kandungan lemak rendah. biasanya dimasak dengan digoreng, dikukus atau dipanggang.

2. Atlantic cod (Gadus morhua)
Juga dikenal sebagai codling, sprag, atau scrod, Atlantic cod adalah salah satu anggota terbesar dari keluarga Gadidae. ikan ini di identifikasikan dengan garis putih pada sisinya, kulit berwarna hijau kekuningan yang memudah menjadi putih pada bagian perut dan ekor persegi. Spesian ikan ini dapat tumbuh hingga 1.5 m. Ikan ini ditankap di Amerika Utara, eropa dan Scandinavia. Daging ikan ini berwarna lebih putih, umumnya dimasak dengan cara di goreng, dipanggang, direbus dan sabagai bahan kue.

3. Arctic cod (Boreogadus saida)
Juga dikenal sebagai cod kutub, Arctic cod tidak dipamancing secara komersial di Kanada yang merupakan negara dikawasan artik, tetapi populer di beberapa bagian Rusia. Hal ini dijual sebagian besar sebagai fillet dan yang sering diproses di laut. dagingnya putih dan sangat ideal untuk digoreng atau dipanggang. Arctic cod telah banyak tangkap.

4. Pacific cod (Gadus macrocephalus)
Juga dikenal sebagai cod Alaska, cod abu-abu, Ttue cod, atau treska coklat, cod Pasifik memiliki kulit berbintik-bintik gelap dan perut pucat. dapat tumbuh lebih dari 2 m dan ditemukan di Pasifik Utara dan Sepanjang pesisir Pasifik. Banyak ditangkap oleh AS, China, Jepang, Kanada, dan Korea, yang diekspor ke Eropa, dan dinikmati di Amerika Utara dan Selatan dan juga di Karibia. biasa di masak dengan dikeringkan, direbus, dan dipanggang

Bahan memasak Lainnya

resep berbahan Ikan Cod belum tersedia

Tahu lapis udang

resep Tahu lapis udang Bahan: 6 buah tahu putih yang padat ukuran kecil, diiris setebal 1/2 cm dengan

Puding ketan hitam

resep Puding ketan hitam Bahan: 100 gr gula pasir 5 kuning telur 3 putih telur 500 ml susu segar 250

Kolak kacang hijau

resep Kolak kacang hijau buka puasa belum langkap biasanya kalau belum ada kolak, salah satunya adalah me

Sangu (medan)

resep Sangu (medan) BAHAN : 200 gram beras, cuci bersih  1.500