Detail Bumbu dan bahan masakan Abalone

Abalone

Abalone

Abalone dianggap makanan spesial dengan kelezatan yang langka dan makanan para pecinta masakan.Abalone dipanen dari alam dan dari budidaya di banyak perairan pantai di lautan di seluruh dunia. Ada sekitar 100 spesies dari siput laut ini, yang sangat bervariasi dalam ukurannya. Daging lezat ditemukan dalam cangkang berbentuk telinga. Abalone juga dikenal sebagai kerang mata tujuh atau siput balik batu, ormer, sea ear, ear shell, Venus’s ears, perlemoen (Afrika Selatan), muttonfish (Australia), dan  paua (Selandia Baru). Beberapa abalone perkembangannya sanggat lambat, Abalone menempel pada permukaan berbatu dengan menggunakan kemampuan hisapnya yang sangat kuat, dan hidup dari ganggang hijau.

Abalon memiliki ciri-ciri permukaan kulit sebelah dalam yang berwarna-warni yang terbuat dari nakre. Daging moluska ini dianggap sebagai salah satu makanan istimewa di sebagian Amerika Latin (khususnya Chili), Asia Tenggara, dan Asia Timur.

Abalon untuk penyimpanan dilakukan dengan cara membekukan, kalengan, dikeringkan (digunakan untuk penyedap sup), diasinkan.