Detail Bumbu dan bahan masakan Ikan baronang

Ikan baronang

Ikan baronang

ikan laut yang termasuk famili Siginidae. Ikan beronang dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda satu sama lain, di Pulau Seribu dinamakan ikan kea-kea, ikan biawas biasanya dinamakan di Jawa Tengah sedangkan di Pulau Maluku menamakan dengan sebutan samadar. Baronang ditemukan di perairan dangkal di Indo-Pasifik dan timur Mediterania. ikan ini dalam bahasa inggris disebut rabbitfis. Baronang merupakan salah satu ikan yang menjadi favorit bagi para pemancing di laut.

ada sekitar 28 spesies ikan baronang, Di Indonesia secara umum dikenal Baronang susu (Siganus canaliculatus), baronang tompel (Siganus guttatus) dan baronang angin (Siganus javus), dari ketiga jenis itu yang paling banyak ditemui adalah baronang susu. Selain itu terdapat baronang lada (Siganus stellatus), baronang batik (Siganus vermiculatus), baronang kalung (Siganus virgatus), baronang kunyit, lantaran populasinya sudah langka, jenis-jenis yang terakhir ini jarang kita jumpai.

panjang tubuh ikan baronang dewasa mencapai 20-45 cm, dengan tubuh dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil posisinya terminal. Rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh sebuah duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulit. Duri-duri ini dilengkapi dengan kelenjar bisa pada ujungnya. Racun hewan ini tapi dapat menyebabkan sakit. meskipun duri ikan baronang beracun tetapi daging hewan ini aman untuk dikonsumsi.

ikan baronan untuk hidangan masakan dapat di bakar, digoreng, dipanggang, atau dimasak berkuah dengan bumbu rempah-rempah.