Detail Bumbu dan bahan masakan Lain asam lain manfaatnya

Lain asam lain manfaatnya

Lain asam lain manfaatnya

Ada beragam jenis asam yang bisa digunakan di dapur, tentunya dengan manfaat yang berbeda-beda. Agar tidak salah menggunakan, simak info berikut ini. :

Buah Asam
Dijual dalam bentuk buah asam segar berkulit keras. Buah asam muda kulitnya berwarna kehijauan, sedangkan yang tua kulitnya kering dan retak. Isinya berserabut dan berbiji. Asam jawa berukuran lebih kecil daripada asam bangkok. Asam bangkok nikmat disantap langsung, karena rasanya tidak seasam asam jawa. Agar tahan lama, bungkus dalam plastik simpan di lemari pendingin

Asam Jawa
Berasal dari buah asam yang diproses dengan cara dicuci terlebih dahulu, direbus dalam air hingga lunak, ditiriskan, dan didinginkan. Kemudian diambil dagingnya, diremas-remas, dan disaring sehingga menjadi pasta padat. Selain untuk masakan, asam ini cocok dibuat minuman. Caranya, cuci dengan air dingin, lalu didihkan bersama air. Setelah asam larut, saying airnya. Untuk menjaga mutunya, simpan asam jawa dalam wadah tertutup rapat di tempat kerin dan tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.

Asam Gelugur
Bentuknya seperti jamur kuping dan biasa digunakan untuk masakan Sumatra. Cita rasa asamnya ringan dan tidak membuat masakan jadi keruh. Pilih yang bentuknya utuh dan beraroma segar. Agar tidak berjamur, letakkan dalam wadah tertutup rapat di lemari pendingin.
 

Asam Kandis
Bentuknya seperti jamur shiitake dengan warna cokelat kehitaman. Cita rasanya asam pahit, dan digunakan sebagai pengganti asam jawa. Cara memakainya, masukkan asam kandis dalam masakan, lalu sisihkan asam saat masakan akan dihidangkan. Agar tidak cepat berjamur, simpan dalam wadah tertutup rapat, dan letak di tempat yang kering.

Asam Sunti
berasal dari belimbing sayur yang dikeringkan kemudian dipipihkan hingga warnanya cokelat kehitaman. Sering digunakan untuk masakan Aceh. Cara menggunakannya dihaluskan bersama bumbu lainnya. Simpan asam ini dalam wadah kedap udara di lemari pendingin.