eresep.com

Nanas untuk kudapan

Nanas untuk kudapan

Sungguh tak heran kalau orang memanfaatkan buah nanas untuk dijadikan berbagai kudapan. Karena buah ini mengandung banyak air dan rasanya luar biasa segar. Kebetulan lagi Indonesia sangat kaya akan buah berduri ini Daerah penghasil nanas yang paling terkenal adalah Bogor dan Palembang. Kedua kota ini punya nanas yang top. Alias digandrungi banyak orang. Sebetulnya nanas bogor dan nanas palembang punya perbedaan juga. Nanas bogor sedikit lebih asam. Ukurannya juga lebih kecil.

    TETAPI BUKAN cuma Bogor dan Palembang penghasil nanas di negeri kita. Banyak daerah lain yang juga punya nanas enak. Nanas yang enak adalah yang rasa manisnya menonjol. Itu kalau kita akan menyantapnya dalam keadaan segar. Untuk dijadikan kudapan tertentu, nanas yang rasanya sedikit asam, kadang lebih disukai supaya kudapan yang dihasilkan terasa segar.
    Nanas yang matang relatif lebih manis ketimbang yang masih muda. Yang matang warnanya lebih kuning ketimbang yang muda. Meski ada juga nanas yang memang sudah dari sananya berwarna pucat. Hingga ketika matang pun, warnanya tetap pucat. Tetapi rasanya manis. Misalnya, nanas madu.
    Cukup sulit juga memilih nanas yang matang. Berpanduan pada kulit saja, bisa menipu. Karena ada nanas yang kulitnya memang kekuningan ada juga yang warnanya tetap kehijauan meski sudah matang.
    Nah, nanas yang matang atau yang setengah matangkah yang pantas dijadikan kudapan. Dalam banyak kudapan, nanas manis seringkali Sementara sebagian lagi membutuhkan nanas yang kurang matang. Nanas yang matang dan manis, airnya lebih banyak. Namun rasa asamnya kurang. Nanas yang muda, kurang kandungan airnya, tetapi dapat menaikkan kesegaran rasa kudapan.
    Jadi, sebetulnya pilihan nanas sangat tergantung pada akan dibuat apakah nanas tersebut. Yang paling baik adalah memilih nanas yang menjelang matang. Nanas seperti ini cukup manis, tetapi rasa asamnya masih ada dan airnya juga cukup banyak.

Cara menggunakan nanas

    Sebelum digunakan, nanas yang sudah dikupas dan dibersihkan dari matanya, sebaiknya dilumuri garam. Kalau ada garam kasar. Gosok seluruh permukaanya dengan garam lalu cuci bersih. Cara ini membuat nanas tidak gatal ketika dimakan. Setelah itu kita bisa mengikuti apa yang disarangkan resep, antara lain:

DIPOTONG KUBUS KECIL
    Potongan kubus bisa besar atau kecil tergantung pada kebutuhan. Nanas yang dipotong seperti ini bisa dijadikan koktil, isi pai, isi snack, dan cake. Tujuannya bukan saja untuk memunculkan rasa nanas, tetapi kehadiran nanas diperlihatkan dan tidak ingin dihilangkan.

DIPARUT
    Nanas yang diparut umumnya dibuat selai. Maksudnya, dimasak bersama gula sampai hilang airnya. Selai inilah yang kelak akan dijadikan kudapan. Misalnya, sebagai isi nastar. Tetapi bisa saja nanas parut tidak dijadikan selai dulu, namun langsung diaduk dalam kudapan. Misal, untuk cake atau puding. Air yang diperoleh saat memarut tentu saja disertakan baik dalam pembuatan selai maupun waktu membuat cake dan puding.

DIPOTONG BULAT
    Maksudnya nanas dipoton horizontal setebal ± 1 cm. Bagian tengah nanas dibuang hingga bentuknya jadi seperti gelang. Kue yang terkenal yang menggunakan nanas seperti ini adalah upside down pineapple cake. Nanas ini ditaruh di dasar loyang lalu disiram dengan cake.

LAIN-LAIN

    Nanas sering dipotong 3 x 4 cm atau 1 x 4 cm. Nanas yang dipotong seperti ini sering dibuat salad atau rujak.

TIP MENGOLAH NANAS
- Nanas harus betul-betul bebas dari matanya
- Kalau nanas terasa masam, bisa ditambahkan gula (misal, dalam resep dibutuhkan gula 200 gram, bisa dijadikan 2.225 gram)
- Kalau nanas terlalu manis, tambahkan sedikit air jeruk lemon.
- Aroma nanas cukup tajam dan seringkali merusak ketika sudah agak lama. Karena itu nanas jangan direbus berbarengan buah lain saat membuat koktail. Pisahkan atau masukkan paling akhir.

resep berbahan Nanas untuk kudapan belum tersedia

Sayur Campur Bumbu Soto

resep Sayur Campur Bumbu Soto Bahan:1 sdm minyak untuk menumis2 sdm bawang daun iris tipis1 batang serai, mema

Buntut bumbu rujak

resep Buntut bumbu rujak untuk 2 porsiBAHAN:250 gram Buntut sapi , rebus1 lembar Daun salam 1 batang Sera

Serabi

resep Serabi Bahan: 250 gr tepung beras 150 gr kelapa parut dari 1/2 btr kelapa yang muda

Lapis Legit Vla

resep Lapis Legit Vla Bahan Lapis Legit : 24 kuning telur