Wisata Kuliner Wisata kuliner di pontianak

Wisata kuliner di pontianak

13 November 2017
Wisata kuliner di pontianak

Tim Eresep kali ini meluncur ke kota Pontianak yang merupakan ibukota Kalimantan Barat, uniknya kota ini berada di garis khatulistiwa sehingga hawa panas cukup terasa di kota ini. Ragam budaya dan suku sangat banyak sehingga juga mempengaruhi sajian kuliner disini, pengaruh yang dominan dari Tionghoa dan melayu maka dari itu tak jarang menemui kuliner baik dari Tionghoa peranakan maupu melayu.

Kalimantan Barat yang cukup banyak pula dilintasi aliran sungai dari Kapuas sehingga juga mempengaruhi hasio kuliner yang disajikan, cita rasa menu seafood dan ikan air tawar sangat mendominasi sajian wisata kuliner Pontianak. Nah tidak usah berlama-lama ingin mengetahui ragam wisata kuliner di Pontianak berikut rangkaian perjalanan tim Eresep :

Pondok Seafood Abang Kepiting

Ragam budaya dan suku di kota Garis Khatulistiwa ikut mempengaruhi kuliner yang disajikan. Pengaruh Tionghoa dan Melayu pada kulinernya sangat mudah ditemui,

termasuk pengaruh sungai Kapuas juga membawa cita rasa menu seafood dan ikan air tawar yang menjadi hidangan utama di Pontianak. Pondok Seafood Abang Kepiting berada di Jl. Jihas Gajah Mada di kota Pontianak dan hanya buka menjelang malam.

menu utamanya adalah Kepiting Saus Padang yang legendaris ditemani kerang, cah kangkung, ikan bawal bakar dan beberapa minuman segar. Anda bisa rasakan Saus Kepitingnya yang meresap karenankepiting ini dibungkus oleh aluminium foil yang membuat saus masuk ke dalam daging kepiting. Apalagi ikan bawal bakarnya nyummy banget, pastinya menu khas laut tersedia lengkap yang bisa Anda pilih sendiri.

Mie Tiaw Apollo & Pollo

Jika ingin wisata kuliner yang beda bisa rasakan Mie Tiaw Apollo yang terletak di kawasan jalan Pattimura no.63, Mie Tiau Apollo telah berdiri sejak tahun 1968. Lalu di sebelahnya juga ada Mie Tiaw Pollo yang konon katanya sih mantan chef dari Apollo. Soal rasa Mie Tiaw Appolo & Pollo selalu mempertahankan cita rasa sejak dulu hingga menjadi warisan rasa dari jaman ke jaman. Jika ingin berkunjung nikmati citra rasa peranakan pecinan Pontianak ini bisa di waktu pukul 15.00 hingga 03.00 pagi.

Warung Kopi Suka Hati

Kalau berkunjung ke Pontianak yang memiliki udara cukup panas ini memiliki Kebiasaan adalah ngopi untuk sebagian orang Pontianak. Tempat ngopi yang paling asik saat bercengkrama dengan teman bisa kunjungi tempat ini yang terletak di jalan Tanjung Pura No. 17 Pontianak. Selain minuman kopi dan aneka makanan khas Pontianak Anda bisa rasakan nikmatnya Pisang Goreng Pontianak dan Keladi Goreng yang renyah dan gurih.

Resto Handayani

Kalau ingin menu makanan yang beragam dengan menyajikan bukan khas Pontianak saja bisa melipir ke restoran Handayani yang menyediakan makanan khas Melayu Pontianak yang terletak di Jl. Sultan Syahrir, Sungai Bangkong, Pontianak. Masakan spesial Melayunya bisa kalian pilih ikan asam pedas, ikan bakar, boto ikan tenggiri, pepes ikan kemangi, cah pakis, ayam bakar pandan, opor ayam kampung dan sambal petai ikan asin.

Bebek Sangan Khas Pak Ndut Pontianak

Jika bosan dengan menu chinese dan seafood bisa kunjungi Bebek Sangan Khas Pak Ndut Pontianak yang berada di di Jalan Sultan Abdurahman No.118, Pontianak. Kombinasi Bebek goreng dengan cita rasa berbeda karena di goreng dalam wajan tanah khusus sehingga menawarkan rasa yang gurih. Sajian istimewa bebek ini pun ditemani dengan cocolan sambal sangan yakni sambal yang dibakar sebelum dihaluskan/ diulek menambah selera napsu makan Anda.

Gado gado Merapi

Pontianak juga tersedia menu bagi vegetarian loh, bisa cicipi Gado gado Merapi tepat berada di  Jl. Merapi No.3, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Gado-gado Merapi ini buat ketagihan karena memiliki saus kacang yang kental dan sayuran segar. Selain gado-gado Anda bisa mencicipi juga Selade yakni campuran sayuran selade yang dilumuri campuran bumbu kacang dan ebi

Terasky Restaurant

Ingin makan dengan pemandangan kota Pontianak hingga 360 derajat, bisa datang ke Terasky Restaurant yang terdapat di Jl. Gajah Mada no. 21 | Transera Hotel, Pontianak. Menu makanan maupun minumnya tidak menguras kocek Anda, cicipi menu Oseng daging pekok yang pedas dan bikin nagih. Selain itu coba juga sup buntut yang yang manyus.

Racik (Rawit Cilik)

Rasakan sensasi pedas dari nasi bakarnya bisa datang ke salah satu resto unik di Pontianak ini, Racik berada di Mega Mall, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Parit Tokaya, Pontianak Sel, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Rasa pedasnya juga bisa di nikmati pada rasa Soto yang nendang.

Raja Uduk

Nasi Uduk juga bisa kalian dapatkan di Pontianak, restoran pinggir jalan ini mangkal di Jln. Teuku Umar No. 76, Pontianak. Rasakan sensasi Nasi Uduk Pete Goreng yang gurih, nasi uduk yang dibungkus daun pisang menambah aroma wanginya nasi uduk sebagai penambah selera makan Anda. Belum lagi ayam dan iga bakarnya yang mampu menggoyang lidah Anda.