Wisata Kuliner Wisata kuliner di semarang

Wisata kuliner di semarang

15 November 2017
Wisata kuliner di semarang

Ragam kuliner yang ditawarkan kota Semarang tak kalah nikmat dengan kota lainnya, Semarang yang memiliki ikon Simpang Lima menjadi pusat wisata kuliner kota ini. Julukan kota Lumpia pun tak lekang oleh waktu. Perpaduan kenikmatan kuliner tradisional Indonesia dengan Tiongkok Peranakan khas Semarang bisa Anda nikmati. Nah, penasaran dengan kuliner Kota Semarang yuk langsung simak apa saja kudapan paling enak di kota loenpia.

Mangut Kepala Manyung Bu Fat

Tim Eresep mendarat di kota Semarang sebuah kota wilayah pesisir utara pulau Jawa, Anda bisa mencicipi hidangan khas ragam kuliner seafood yang berbeda dengan lainnya. Selain itu jika Anda mencari wisata kuliner di pulau Jawa adalah pemberian nama rumah makan yang sesuai dengan nama pemiliknya. Seperti rumah makan Bu Fat yang menawarkan Mangut kepala Manyung yang jadi kuliner ciri khas Semarang. bahan utamanya adalah Ikan Manyung atau sering disebut Lele Laut ini disajikan istimewa di Rumah makan Bu Fat ini, jika ingin rasakan hidangan lezat menu ikan ini berada di Jalan Ariloka Raya, Krobokan Semarang. 

Citra rasa yang beda menjadikan Kepala Manyung Bu Fat ini sungguh menggoda. Kuncinya ada pada racikannya yang terdiri dari rempah-rempah yang kuat serta santan, Taburan cabe rawit yang menyatu pada bumbunya membuat kita semakin ketagihan. 

Bakmi Jowo Pak Rebi

Wisata kuliner lainnya meluncur ke Bakmi Jowo Pak Rebi yang berada di Jalan Menteri Supeno 11 A, Mugassari dan Jalan Abdul Rahman Saleh No.2 A, Kalibanteng Kulon, Kota Semarang yang layak Anda coba. Berbagai olahan mie dengan cita rasa jawa, menu yang beragam seperti  Bakmi Godhog, Bakmi Goreng, Bihun Goreng, Nasi Goreng, dan Nasi Ruwet Magelangan (nasi goreng dicampur bakmi kuning dan bihun goreng).

Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu gimbal merupakan makanan khas Kota Semarang yang tak bisa begitu saja dilewatkan. Campuran makanannya terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, telur, rajangan kol mentah, gimbal dan dicampur dengan bumbu kacang yang gurih. Tahu Gimbal Pak Edy berada dikawasan Jl.Pahlawan, tidak jauh dari kawasan Simpang Lima,Semarang.

Lumpia Oleh-oleh Semarang

Cita rasa Lumpia Semarang kudapan yang berpadu jadi satu rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Kudapan ini mirip dengan rollade yang berisi rebung, telur dan daging ayam atau di isi udang. Jika Anda ingin Lumpia ini menjadi oleh-oleh, Anda bisa datang ke gang Lombok, No.11 Krangan tepatnya di kawasan Pecinan, Semarang.

Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

Jika ingin merasakan hidangan berkuah bisa kunjungi Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem dengan menu utamanya yakni daging sapi yang dimasukkan ke dalam kuah asam manis segar dan campuran belimbing wuluh, juga potongan tomat. Menu lainnya juga bisa Anda nikmati seperti  lontong cap gomeh, kikil Lombok ijo, bandeng sarden, dan makanan khas Semarang lainnya. Langsung saja main ke jalan Karanganyar Blok C-4/28, Brumbungan. 

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar 

Satu lagi kuliner yang berkuah bisa Anda nikmati di Semarang yakni Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang berada di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama. Resep bumbu dan proses memasak gulai yang berbeda dari gulai kebanyakan membuat cita rasa Gulai Kambing pak Sabar terasa gurih dan nikmat. Gulai di Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar cenderung cair dan jernih, lalu ditambah serundeng. 

Es Puter Cong Lik 

Kudapan yang paling nikmat setelah makan berat bisa cicipi Es Puter Cong Lik yakni kuliner es krim yang lezat, Es puter ini tetap menggunakan buah asli lalu memiliki tekstur lembut dan halus di lidah dengan rasa manis yang tidak bikin eneg. Ingin menikmati es puter ini langsung aja ke  jalan Krese, No. 461 Semarang.

Bakmi Jawa Pak Gareng

Nah ada lagi nih Bakmi Jawa yang patut Anda cicipi yakni Bakmi Jawa Pak Gareng yang berada di jalan Wotgandul Dalam No. 177, Gabaha, Semarang. Anda bisa bisa pilih ingin bakmi kuah (godhog) atau bakmi goreng, sajian racikan dimasak dengan telur, kol, sawi, dan ayam suwir dimasak menggunakan arang, sehingga menghasilkan aroma yang sedap.