Wisata Kuliner Wisata kuliner cirebon

Wisata kuliner cirebon

30 November 2017
Wisata kuliner cirebon

Kali ini tim Eresep menginjakkan kaki di Kota Cirebon, tim penasaran dengan kuliner kota yang terkenal dengan istilah “Kota Udang Rebon”. Walaupun udara Cirebon cukup panas karena posisi kotanya yang dekat dengan pesisir pantai utara, namun hal itu tidak menyurutkan niat untuk berkeliling ke tempat sajian menu istimewa ala Cirebon. Yuk kita berkeliling menikmati hidangan lezat warisan menu masakan nusantara khas Cirebon.

Nasi Jamblang Mang Dul

Santapan nikmati tim meluncur ke Nasi Jamblang Mang Dul Lokasinya di Jalan DR. Cipto Mangunkusumo No.4 Cirebon dekat dengan Grage Mall. Kuliner yang satu ini disajikan dengan bungkusan daun jati dengan berbagai pilihan lauk, nasi jamblang khas Cirebon juga ada banyak lokasi untuk nikmati dan enak. Nasi Jamblang sesungguhnya merupakan makanan khas desa Jamblang, Kabuputaen Cirebon, masyrakat desa tersebut setiap hari keiling jajahan nasi tersebut.

Nasi Lengko H. Barno

Wisata kuliner selanjutnya beralih ke Jl. Pagongan 15B, Cirebon disana ada Nasi Lengko H.Barno. Sajian sepiring nasi putih dengan irisan timun segar, daun kucai, taoge rebus, bawang goreng, tempe goreng, dan tahu goreng, plus siraman bumbu sambal kacang. Mampu melepaskan rasa lapar Anda. Nasi lengko ini memiliki citra rasa gurih apalagi nasi lengko H. Barno ini sudah hadir sejak 1968.

Empal Gentong dan Asem H. Apud

Lanjut lagi menu yang agak berat yakni Empal Gentong dan Asem di H. Apud yang berada kawasan Battembat Plered, tepatnya di Jalan Ir. H. Djuanda No.24, Cirebon. Anda bisa pilih empal gentong yang diinginkan ada Empal Gentong kuah santan atau Asem, yang membedakan keduanya adalah terletak di kuah, Anda disajikan dengan kuah kuning dan bening. Adapun urusan rasa pas dan khas banget terasa benar paduan bumbu rempah dan terutama kemirinya.

Mie Koclok Mas Edi

Nikmati sensasi berbeda kuliner Cirebon dengan menu utama mie yang ditaburi toge, kol, irisan telor ayam, daging dan bumbu kuah kaya rempah. Langsung saja ke Jl. Lawanggada untuk mencicipi segarnya kuah mie Koclok ini.

Docang Ibu Kapsa

Menu makanan sederhana ini cocok untuk sarapan pagi karena di dalamnya terdapat lontong sayur, tauge, daun singkong, diberi parutan kelapa plus disiram dengan sayur lodeh. Jika ingin mencicipi bisa ke jalan Siliwangi tepatnya mereka berjualan di pinggir jalan menggunakan tenda sederhana.

Seafood H.Moel Khas Cirebon

Tak lengkap rasanya sebagai kota Udang jika tidak mampir ke resto yang menyajikan aneka seafood. Menu komplit mulai dari kepiting, udang, ikan, kerang dara, cumi-cumi dan lainnya bisa sahabat Frontliners nikmati di sini. Seafood H. Moel ini berada di Jalan Kalibaru Selatan, Cirebon.