Wisata Kuliner Wisata kuliner di palembang

Wisata kuliner di palembang

07 Desember 2017
Wisata kuliner di palembang

Palembang tak melulu pempek loh, Kota yang terkenal dengan jembatan Amperanya ini  banyak menyajikan ragam kuliner tradisonal yang kenikmatannya tak terhingga. Tim Eresep menyelusuri kota kerajaan Sriwijaya ini. Berikut wisata kuliner ala Eresep yang disajikan istimewa untuk pembaca.

Rumah Makan Pondok Kelapa 

Untuk menu makan berat rumah makan Pondok Kelapa disajikan aneka seafood dan pindang yang berdiri sejak 2009, cukup mudah mencari lokasinya yakni di Jalan Demang Lebar Daun 184, Palembang. Tempatnya nyaman dengan sentuhan tradisional terdapat wilayah makan lesehan dengan deretan gazebo yang artistik serta dominasi hiasan dari kayu yang memiliki kesan tersendiri untuk menyantap pindang yang kami pesan. Aneka pindang dari mulai Pindang Patin, Sale, Tulang, Baung, Belido, Udang Galah, Ayam dan tidak lupa Seluang goreng. 

Untuk aneka pindangnya? Maknyus kata alm.Bondan yang dapat di nikmati bersama sepiring nasi hangat, rasakan Pindang ikan Sale, Baung dan Belido dengan cita nusantara rasa sensasi pedas, manis, gurih dan lezat tidak bisa kami ungkapkan kuahnya yang segar. Belum lagi sambil mencicipi ikan Seluang yang goreng garing, dicocol dengan sambel Mangga yang menggoda menambah selera untuk menghabiskan semua pesanan yang telah dihidangkan.

Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei Z

Menu wisata kuliner lainnya yang agak ringan bisa cicipi Mie Celor, Anda bisa mampir Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei Z yang cukup melegenda, cocok untuk sarapan maupun makan siang. Mie berkuah santan dan udang ini sangat gurih ditambah taburan udang, bawang goreng, potongan telur rebus dan tauge. Masyarakat Palembang biasanya santap makanan ini untuk sarapan, jika anda ingin mencari wisata kuliner ini lokasinya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 2-26 Ilir, Palembang. 

Pempek Vico

Tidak lengkap ke Palembang tanpa buah tangan Pempek, dapat kami rekomendasikan Pempek Vico bisa jadi pilihan. Pempek Vico merupakan toko pempek yang relatif paling favorit di Palembang, lokasinya berada di Jalan Letkol Iskandar No. 541-542 depan Palembang Indah Mall.

Riverside Restaurant

Restoran ini terletak di pinggir Sungai Musi, tepatnya di Komplek Benteng Kuto Besak, Jalan Rumah Bari, Palembang. Sambil nikmati makannya Anda juga dapat

menikmati suasana malam Jembatan Ampera yang dihiasi lampu warna warni. Restoran ini memiliki bangunan yang unik yakni menggunakan kapal besar yang di ubah menjadi restoran berkelas. Urusan menu pastinya menjadikan menu utama yakni seafood dan pindang berbahan ikan segar dari mulai patin, tenggiri dan lain-lainnya, sembari menikmati hidangan seafood yang Anda pesan dapat menikmati suasana malam di pinggir sungai Musi.

Martabak HAR 

Kudapan yang satu ini cukup terkenal di Palembang, sayang kalau Anda melewatkan Martabak khas Palembang yang satu ini. Martabak HAR yakni singatan dari Haji Abdul Rozak, beliau ada saudagar keturunan India. Untuk memburu martabak ini Anda bisa menuju lokasi di Jalan Jendral Sudirman, Simpang Sekip Palembang. Anda bisa pilih martabak telur baik ayam maupun bebek ditemani kuah kari dilengkapi kentang irisan cabe serta kuah cuka.

Warung Kopi H. Madina Kuto

Ingin mencari sarapan dengan menu makanan khas Palembang, Anda bisa merapatkan kendaraan ke Jalan Dr. M Isa, di kisaran Pasar Kuto Palembang. Kudapan dan makanan khas Palembang yang jarang ditemui seperti Burgo, Lakso, Celimpungan dan lainnya bisa kalian temui hanya disini. Selain itu Anda juga bisa nikmati Nasi uduk, Pempek, Tekwan, Lupis, Ketan dan aneka jajanan yang bisa nikmati.

Rumah Makan Sri Melayu

Untuk menikmati lezatnya Pindang khas Palembang bisa langsung datang ke Jalan Demang Lebar Daun Palembang, dekat Griya Agung atau Istana Gubernur Sumsel. Aneka pindang bisa Anda nikmati dari mulai Pindang Patin, Pindang Bawung, Pindang Ikan Salai, Pindang Udang, Pindang Tulang, Ikan Saluang Goreng, Pindang Tulang yang ditemani dengan aneka sambal dan lalapan. 

Nasi Minyak H.Abuk

Pilihan pindang yang bikin kenyang perut Anda, tapi yang satu ini juga ga kalah kenyangnya, wisata kuliner Palembang yang ini bisa nikmati Nasi Minyak di rumah Makan H.Abuk yang berada di Jalan Dr. M.Isa, 8 Ilir, Pasar Kuto Palembang. Nasi Minyak diracik menggunakan nasi dan minyak Samin dengan lauk pendamping berupa Malbi Sapi yakni daging sapi yang dimasak mani dengan kecap dan rempah, belum lagi ada kari kambing yang kental bumbunya, ada lagi sate pentol, burung punai serta sambal nanas yang bikin rasanya makin lezat.