Detail Tips atau Artikel 6 nutrisi utama bagi tubuh

6 nutrisi utama bagi tubuh

11 Juni 2012
6 nutrisi utama bagi tubuh

Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.

Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal. Pada masa lalu, penelitian mengenai nutrisi hanya terbatas pada pencegahan penyakit kurang gizi dan menentukan standard kebutuhan dasar nutrisi pada makhluk hidup. Angka kebutuhan nutrisi (zat gizi) dasar ini dikenal di dunia internasional dengan istilah Recommended Daily Allowance (RDA).

ada 6 nutrisi utama yang diperlukan tubuh, disebut sebagai tiga besar nutrisi sebagai sumber energi utama tubuh yaitu : protein, karbohidrat, dan lemak. ditambah dua komponen untuk daya tahan tubuh untuk ini, vitamin, dan mineral.

1. Protein
protein berasal dari bahasa Yunani yang artinya yang paling utama, protein adalah senyawa organik kopleks berbobot molekul tinggi. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor.
Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).
Tubuh manusia terdiri dari sekitar 100.000 jenis protein. Protein yang diambil dari makanan, diubah menjadi protein dipecah menjadi asam amino, cocok untuk semua bagian tubuh akhirnya akan berbagai berbagai komponen tubuh manusia.
Protein telah dibuat dari 20 jenis asam amino. Dari jumlah tersebut, sembilan tidak akan disintesis dalam tubuh, Anda harus mengambil dari makanan. Ini disebut asam amino esensial dalam sembilan jenis asam amino.
Dan protein berkualitas baik adalah protein yang berisi yang seimbang asam amino esensial yang tidak disintesis di dalam tubuh.
Protein kualitas tinggi, protein hewani tekandung didalam daging, telur, seafood, dan susu. Protein nabati, misalnya terdapat pada kedelai.

Kekurangan Protein :
Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh, proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa harus sedikitnya mengonsumsi 1 g protein per kg berat tubuhnya. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet-atlet.
Kekurangan Protein bisa berakibat fatal salah satunya Kerontokan rambut (Rambut terdiri dari 97-100% dari Protein -Keratin),  Yang paling buruk ada yang disebut dengan Kwasiorkor, penyakit kekurangan protein. Biasanya pada anak-anak kecil yang menderitanya, dapat dilihat dari yang namanya busung lapar, yang disebabkan oleh filtrasi air di dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan odem. Simptom yang lain dapat dikenali adalah   hipotonus, gangguan pertumbuhan, hati lemak , Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan berkibat kematian.