Detail Bumbu dan bahan masakan Pandan

Pandan

Pandan

adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.
Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.

Daunnya hijau muda mengkilap, panjang seperti pita dan tulang daun di tengah. Tepinya bergerigi tajam pada daun yang tua. Fungsi utamanya sebagai pemberi aroma tanpa efek warna yang kuat. Sebenarnya daun pandan juga bisa memberikan warna hijau dengan cara menumbuk dan memeras airnya, tapi efek warna tidak sekuat daun suji. Warna netral dan efek rasa yang lembut dan wangi tidak merusak cita rasa bahan utamanya. Sehingga banyak digunakan untuk aroma pada hidangan.
Untuk pengharum kue atau masakan, pilihlah daun pandan yang tidak terlalu tua atau muda. Potong kasar atau sobek-sobek daun pandan agar aromanya lebih kuat dibanding jika dibiarkan utuh. Aroma pandan mudah menguap, jadi untuk menjaga agar masakan tetap beraroma, maka penambahan daun pandan ke dalam rebusan masakan atau adonan kue dilakukan sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian.


Kegunaan
Daun tumbuhan merupakan komponen cukup penting dalam tradisi boga Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya sebagai pewangi makanan karena aroma yang dihasilkannya. Daun pandan biasa dilibatkan dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau. Sewaktu menanak nasi, daun pandan juga kerap diletakkan di sela-sela nasi dengan maksud nasi menjadi beraroma harum.
Aroma harum yang khas ini terasa kuat ketika daunnya masih cukup segar atau agak kering. Selain sebagai pengharum kue, daun pandan juga dipakai sebagai sumber warna hijau bagi makanan (selain daun suji), sebagai komponen hiasan penyajian makanan, dan juga sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan (dironce) untuk mengharumkan ruangan. Daun pandan biasa dilibatkan dalam pembuatan kue-kue atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau. Sewaktu menanak nasi, daun pandan juga kerap diletakkan di sela-sela nasi dengan maksud nasi menjadi beraroma harum.
Dalam sejumlah resep masakan berbahasa Inggris, daun pandan kadang-kadang disebut sebagai "screwpine leaf".
kalau anda pengen tidak ketombean maka gunakanlah pandan sebagai solisinya.

dari berbagai sumber

Resep terkait resep berbahan Pandan ...

Es palu butung

Bahan: 10 bh pisang raja, kukus, kupas 500 ml santan kental 250 gr tepung terigu 15 helai daun pandan, ambil airnya 10 lbr daun suji, ambil airny

Ketan kuning cetak

Bahan :minyak sayur untuk mengoles300 ml santan kental dari 1 butir kelapa kupas2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan 5 lembar daun pandan,

Es cendol gula merah

Untuk 5 porsi Bahan  : 200 gram cendol hijau 6 bush nangka, dipotong panjang 100 gram tape ketan hitam 500 gram es serut 150 ml ABC Spec