Detail Bumbu dan bahan masakan Jahe

Jahe

Jahe

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.
Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.
Jahe bisa digunakan untuk minuman, dalam masakan jahe berfungsi untuk aroma masakan.
cara menyimpan : bungkus jahe dengan kertas kemudian masukan ke plastik, simpan didalam lemari es.

Resep terkait resep berbahan Jahe ...

Putren cah telur puyuh

Bahan:50 gram daging sukiyaki200 gram putren, dipotong panjang100 gram tahu, dipotong 2 x 3 x 1 cm digoreng sebentar10 butir telur puyuh, direbus dan

Bulgogi

Bahan :Daging sapi sirloin 350 gram, iris tipisBawang bombay 1/2 buah, iris tipisJamur shiitake atau champignon 4 buah, iris tipisBahan Perendam :Daun

Banget jahe

bahan :50 g    tepung sagu, ayak200 g    tepung terigu, ayak 2 lembar daun pandan, iris-iris125 g    kela