Detail Bumbu dan bahan masakan Baking powder

Baking powder

Baking powder

Baking powder adalah bahan pengembang yang dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang seperti muffin, bolu, scone, dan biskuit. baking powder bekerja dengan melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui sebuah reaksi asam-basa, menyebabkan gelembung-gelembung di dalam adonan yang masih basah, dan ketika dipanaskan adonan memuai; ketika adonan matang, gelembung-gelembung itu terperangkap hingga menyebabkan kue menjadi naik dan ringan. Baking powder dipakai untuk menggantikan ragi ketika rasa fermentasi tidak diingini pada makanan yang dihasilkan, atau ketika adonan kurang memiliki sifat elastis untuk menahan gelembung-gelembung gas lebih dari beberapa menit. Roti yang dibuat dengan memakai bahan pengembang kimia disebut roti cepat.
Sebagian besar Baking powder yang tersedia di pasaran dibuat dari unsur basa (biasanya soda kue yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat ditambah satu atau lebih garam asam, dan pati lembam (umumnya pati jagung, meskipun pati kentang juga dapat digunakan). Baking powder adalah sumber karbon dioksida, dan reaksi asam-basa yang terjadi lebih tepat dijelaskan sebagai dekomposisi soda kue setelah diaktifkan oleh asam. Penambahan pati lembam dalam Baking powder memiliki beberapa kegunaan, terutama untuk menyerap kelembapan. Dengan terserapnya kelembapan, umur simpan dapat lebih lama karena mencegah terjadinya reaksi unsur asam dan basa secara prematur. Selain itu, bubuk yang kering juga dapat bercampur dengan mudah, dan bentuk tepung memungkinkan penimbangan yang lebih akurat.
Bila terlalu banyak, sodium bikarbonat akan membuat kue menjadi gelap dan pada waktu yang sama akan menghasilkan rasa alkaline yang kuat.

Resep terkait resep berbahan Baking powder ...

Muffin

Untuk 7 buah Bahan: 150 gram tepung terigu protein sedang 1 1/2 sendok teh baking powder 1/4 sendok teh garam 60 gram gula pasir 25 gram marg

Cup cake pisang

BAHAN : 200 gram margarin  120 gram gula pasir halus  100 gram cooking chocolate, dicairkan 

Bolu kukus mekar karamel

untuk 19 buahbahan :2 butir telur200 gram gula pasir1/4 sendok teh garam1/2 sendok makan emulsifier (SPfTBM)275 gram tepung terigu protein sedang25 gr