Wortel

Wortel
Wortel

Apa sayuran yang berwarna oranye, semua pasti menjawab wortel, sayuran dari akar tunggal ini memang dominan terkenal dengan warna oranye, sebenarnya ada jenis wortel dengan warna lainnya selain warna oranye, ada juga wortel dengan warna unggu, kuning, hitam, putih dan merah.

Wortel yang kita kenal saat ini berasal dari tanaman liar yang tumbuh di Afghanistan. Lalu dikembangkan di Belanda pada abad ke-17, dan sekarang dibudidayakan di daerah beriklim sedang di seluruh dunia. Selain wortel oranye tua yang panjang, ada juga yang berbentuk silinder, bulat, atau ukuran jari. Semua wortel memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan ketika masih dalam kondisi segar, dan gula alaminya membuat rasanya manis.

Wortel mengandung  alfa dan beta karoten dalam jumlah besar, dan merupakan sumber vitamin K dan vitamin B6 yang baik. Wortel banyak digunakan dalam banyak masakan, terutama dalam pembuatan salad.

Di pasar wortel dijual sepanjang tahun, Membeli wortel berkualitas baik akan membantu memastikan bahwa Anda mendapat nutrisi terbaik yang terkandung dalam wortel dan juga rasa terlezat yang dimilikinya. Bagaimana cara memilih wortel yang baik pada saat kita akan membeli

  1. Pilih wortel dengan kondisi yang baik. Carilah yang memiliki warna oranye yang cerah, halus, dan bagus. Pilih wortel yang masih memiliki daun hijau yang melekat, karena ini cenderung menjaga wortel tetap dalam kondisi yang lebih baik dan lebih terasa segar. Daunnya sendiri harus hijau segar dan cerah.
  2. Pilih wortel yang berukuran sedang yang ujungnya lancip. Wortel dengan ukuran sedang akan mudah untuk dimasak. Wortel yang besar seringkali keras dan lebih sulit dimasak.
  3. Wortel muda yang kecil dan ramping memiliki rasa yang lebih manis. 
  4. Hindari memilih wortel dengan noda atau retak, daun yang layu, tekstur lembek atau seperti karet, atau wortel yang memiliki bagian hijau yang telah ‘terbakar matahari’ di bagian atasnya.

Wortel dapat disimpan selama 2-3 minggu dalam kantong plastik di laci sayuran lemari es, tetapi akan kehilangan aroma dan rasa segar saat hari-hari berlalu. Lepaskan bagian atas hijau sebelum di simpan.

Untuk menikmati wortel muda dengan rasa terbaik, cukup bilas, bersihkan saja tidak perlu dikupas. wortel yang lebih tua biasanya perlu dikupas. Wortel untuk hidangan segar yang perlu dilakukan potong menjadi stik. Parut atau potong  menjadi pita digunakan untuk salad. Untuk jus wortel silahkan menggunakan juicer. Pada makanan Matang, Wortel adalah bahan serbaguna karena dapat dipanggang, direbus, direbus, dikukus, ditumis, atau digoreng. Ketika gula mereka dikaramelkan selama memasak, wortel akan menambahkan rasa yang mendalam pada hidangan yang gurih. Rasa manis alami ini juga telah lama digunakan dalam kue manis dan makanan penutup.  Selain itu wortel juga untuk bahan masakan yang diawetkan misalnya acar.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*