Wisata Kuliner di Banyuwangi

Wisata Kuliner di Banyuwangi
Wisata Kuliner di Banyuwangi

Banyuwangi menyajikan alam yang menakjubkan sehingga tak heran Banyuwangi berbagai julukan melekat pada kota satu ini, keindahan alam berupa jajaran pegunungan nan indah serta wisata pantai yang tak kalah indah dari Bali mampu menghipnotis pengunjungnya. Ragam budaya dan kesenian yang ditawarkan masyarakat Banyuwangi pun beragam potensi ini makin kita betah untuk selalu berlibur ke sana.

Suasana yang mendukung ini juga didorong dengan wisata kulinernya yang tidak terlupakan, hidangan khas Banyuwangi tersaji dalam wisata kuliner di Banyuwangi berikut ini :

Rawon Bik Ati 

Destinasi kuliner yang pertama kita kunjungi Rawon Bik Ati yang terdapat di Jl. Ahmad Yani 83, Banyuwangi, bagi Anda penggemar menu rawon yang lumer bisa kunjungi Rawon Bik Ati ini. Satu porsi Rawon yang sepadan dengan rasa nikmatnya kuah rawon yang segar, belum lagi potongan daging yang tebal dan banyak mampu menggugah selera makan penggemar rawon. 

Nasi Tempong Mbok Nah 

Nasi Tempong Mbok Nah, yang terletak di jalan Letkol Sugiono, Kertosari, Banyuwangi.ini buka dari jam 2 siang sampai tengah malam sekitar jam 12-an.seporsi Nasi Tempong terdiri dari nasi putih yang disandingkan dengan sayur bayam rebus, terung rebus, tahu, tempe, ikan asin, perkedel jagung, mentimun dan beberapa helai daun kemangi kemudian ditambahkan sambal tempong yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan untuk lauk tambahannya ada telur dadar, hati, pepes, ayam dan beberapa jenis ikan laut.

Rujak Soto Mbok Mbret

Menu yang satu ini sungguh unik karena ada dua menu dalam satu sajian di Banyuwangi. Yups Anda bisa cicipi cita rasa kelezatan Rujak Soto Mbok Mbret yang terletak Jl. Raya Jember no. 72, Banyuwangi. Tampak terlihat seperti rujak pada umumnya, namun namun tinggal disiram dengan kuah soto yang berisi daging, babat, telur puyuh. Campuran dari dua masakan yakni rujak sayur yang disiram dengan kuah soto kuning yang hangat berempah, selain itu di tambah lontong yang dipotong-potong ditambahkan dengan irisan timun, potongan tempe goreng dan pecel sayur yang terdiri dari kacang panjang, tauge, kangkung hingga daun turi. Kemudian disiram dengan bumbu kacang plus petis. Selanjutnya kuah soto kuning berisi potongan usus, kikil dan babat disiram diatas rujak. Siap disantap dengan taburan bawang goreng, seledri, kecap manis, emping, telur puyuh, sambal dan juga kerupuk udang.

Sego Bungkus Bu Poer

Menu lainnya Anda bisa mencoba Nasi Bungkus Bu Poer yang berada di Jalan PB Sudirman atau utara simpang lima Banyuwangi. Wisata kuliner yang satu ini menyajikan menu nasi bungkus dengan berbagai lauk pilihan. Didalamnya terdapat menu utama dengan pilihan nasi putih, nasi jagung, nasi kuning hingga nasi merah. Lauknya dilengkapi oseng-oseng, ayam goreng, olahan ikan serta gudeg. 

Pecel Ayu

Kalau ingin rasakan berbau pecel bisa cicipi Pecel rawon atau rawon pecel salah satu makanan khas Banyuwangi, Anda bisa kunjungi Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Laksda Adisucipto 60, Banyuwangi. Seporsi pecel rawon bisa membuat kenyang perut Anda, Pecel Rawon ini didalamnya terdapat nasi pecel yang berisi sayuran rebus, seperti bayam, taoge, kacang panjang, dan sambal pecel, ditambah kuah rawon. Supaya tambah nikmat hidangan ini bisa ditemani udang goreng, empal sapi, ragi, paru goreng kering, dan remukan rempeyek kacang.

Sego Cawuk Bu Mantih

Masih kuliner yang tidak jauh dari menu utama yakni nasi, Anda bisa rasakan Sego Cawuk khas Banyuwangi ini menawarkan menu dengan paduan antara nasi dan kuah, ditambah  dengan parutan kelapa. Untuk lauknya beragam diantaranya dendeng, telur, pepes ikan dan lain sebagainya. Untuk merasakan kelezatan Sego ini bisa datang ke Sego Cawuk Bu Mantih yang berlokasi di jalan Wahid Hasyim, sekitar 500 meter dari Stasiun Rogojampi.

Ayam Pedas Rantinem 

Ingin merasakan wisata kuliner dengan menu utama Ayam bisa rasakan Ayam Pedas Rantinem yang sudah ada sejak 1970-an, ayam jadi bahan utama yang dicampur dengan bumbu berkuah santan pedas, kemudian digodog atau direbus di dalam kuah santan pedas selama beberapa jam. Sehingga menghasilkan bumbu kuah pedas yang meresap ke dalam  daging ayam. Kalau datang ke Ayam Pedas Rantinem yang berada di Jalan Raya Jember tepat Samping Kantor Pos Genteng, Banyuwangi jangan lup memilih menu yang paling diburu pelanggan yakni kepala ayam pedas.

Mie Kuah Warung Kepiting

Banyuwangi juga ada wisata kuliner seafood loh, bisa kunjungi Mie Kuah Warung Kepiting yang berada di Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi, Menu andalan sudah pasti adalah kepitingnya, yang di ramu sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa kelezatan istimewa dari Kepiting. Kuah sup yang menyegarkan dari Kepiting mampu menggugah selera makan Anda yang nggak kalah enaknya dengan makanan khas Banyuwangi lainnya.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*