Wisata Kuliner Di Cianjur

Wisata Kuliner Di Cianjur
Wisata Kuliner Di Cianjur

Kali ini penjelajahan wisata kuliner berlanjur masih di wilayah Jawa Barat, kami melakukan perjalanan menuju Cianjur. Cianjur salah satu tempat persinggahan yang bagus, juga kota perlintasan di kota sekitarnya seperti Bogor, kabupaten Bogor, Sukabumi maupun kabupaten Bandung. Selain menawarkan pemandangan gunung Cianjur juga cukup banyak menyajikan wisata kuliner perpaduan citarasa sunda, yuk tunggu apalagi kita simak kuliner apa saja yang ada di Cianjur ini. Berikut sajiannya :

Warung Sate Shinta 

Kuliner di Cianjur juga terkenal karena satenya, nah kali santapan kita langsung ke Warung Sate Shinta. Sajian khas sate yang menyediakan sate kambing dan sate ayam juga konon paling lezat di Cianjur. Bumbu kacang yang berasa sedap dan gurih dipadu racikan khas yang turun menurun membuat kita yang menyantapnya akan puas. Menu ini cocok banget disajikan dengan nasi putih hangat khas Cianjur lengkap dengan karedok dan Ca Kangkung. Selain sate kambing dan ayam juga tersedia sate kelinci ditemani aneka sop kambing, sop ayam, sop buntut juga gule. Kalau ke daerah Cipanas jangan lupa mampir ke Warung Sate Shinta, lokasinya di Jalan Raya Cipanas No.20 Pasekon, Cianjur.

Kedai Maranggi Sari Asih

Selain RM Sate Shinta ada alternatif lainnya berupa sate juga namanya “Maranggi Sari Asih”. Kedai sederhana juga menyediakan menu sate. Namun bedanya sate yang disajikan adalah Sate Sapi Maranggi Khas Cianjur akan tetapi bukan berarti sate kambing atau sate ayam tidak ada, Anda dapat memesannya juga. Untuk melengkapi sajian sate selain pilihan nasi putih juga tersedia nasi uduk atau Ketan Bakar kenyal yang rasanya gurih. 

Sate dihiddangkan di atas piring dengan balutan daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang khas ditambah sambal oncong sebagai saus pelengkap. Lokasi kedai ini berada tepatnya setelah pertigaan Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Kabupaten Cianjur.

Toko Kue Okeke 

Tidak jauh dari Jalan Raya Pacet yakni Jalan Raya Cipanas No.8 Cipendawa, Pacet, ada pusat jajanan khas Cianjur yaitu “Toko Kue Okeke”. Toko ini tersedia berbagai dan aneka oleh-oleh khas Cianjur serta lainnya. Ragam kue yang tersedia bisa menjadi favorit bagi pengunjung ada Roti Unyil atau Roti Mungil aneka rasa seperti rasa Jagung Manis, rasa Keju Susu, rasa Durian, dan rasa Daging Asap.

RM. Mang Nana

Rumah makan ini juga wajib Anda kunjungi terdapat di Jl. Ir H. Juanda Panembong, Cianjur. Lokasinya tepat sebelum masuk kota Cianjur dari arah Jakarta. Rumah makan Mang Nana ini memiliki cabang, yang lama ada di depan GOR Cianjur, yg baru di desa Cangklek (1 km sebelumnya). Rumah Makan Mang Nana ini menyajikan menyajikan makan khas Sunda dengan harga dan rasa yang enak, warung nasi Sunda dengan konsep rumahan yang sangat kental. Babat Goreng, gepuk, pepes tahu, dan kedua sambal terasi serta oncom dan aneka lalapan daun bunut, gandaria, tespong, keresmen dan sejenisnya.

RM Sunda Rasa

Yang satu ini adalah RM Sunda Rasa berada di jalan Abdullah Bin Nuh dan jalan Raya Cianjur-Sukabumi (Pasar Warung Kondang). Menu yang disajikan diantaranya olahan kulit sapi yang dimasak dengan racikan khusus sehingga tampak lembut dan enak saat disantap, menu lainnya ada paket kulit campur, kikil, lidah, limpa, babat, tulang telinga. Anda juga bisa menikmati aneka pepesan, empal daging, sop buntut, dan masakan Sunda lainnya yang sayang dilewatkan. 

Toko Shanghai

Kalau ingin mencari oleh-oleh lagi banyak alternatif di Cianjur yang menyediakan ragam aneka olahan panganan yang bisa di bawa pulang, lokasinya tepat di persimpangan Jalan Siti Jenab dan Jalan Mangun Sarkoro. Toko Shanghai ini menyediakan Kue Mangkuk, Kue Celorot, Kue Talam Ubi, Kue Talam Suji, Kue Lapis, Bika Ambon Suji, Nagasari, Lemper, dan juga Bacang.

Martabak Cianjur

Jika ingin yang lain bisa mampr ke Kedai Cianjur menyajikan martabak khas Cianjur lokasinya berada di persimpangan jalan Suroso dan Jalan Mangunsarkoro di sebelah kanan jalan. Urusan martabak disini lain dari lainnya karena berbagai isi dan topping disajikan untuk memanjakan lidah dan selera makan Anda. Selain itu tersedia juga kue pukis yang lumer di lidah.

Sate Maranggi Warujajar

Kuliner kita masih lanjut nih, masih dengan makanan berat sate yang jadi primadona di Cianjur tepatnya di Jalan K.H. Hasyim Ashari (Warujajar) sebelum persimpangan Jalan Arif Rahman Hakim, di sisi kanan ada Sate Maranggi Warujajar. Warung sate ini cukup legendaris karena rasanya tidak bisa dilupakan paduan bumbunya benar-benar meresap hingga ke daging. Daging yang empuk dan gurih dengan racikan bumbu rahasiaya membuat warung sate ini tidak pernah sepi.

Bubur Ayam Sampurna

Cianjur sangat terkenal dengan Bubur Ayam nah ada bubur ayam yang enak nih namanya Bubur Ayam Sampurna, yang berada di dekat pintu masuk Pasar Bojong Meron Jalan Mangun Sarkoro (Jalan Raya) Cianjur. Kelezatan yang dirasakan pelanggan terletak pada bahan bakunya yakni kelembutan bubur nasinya, ditambah bahan yang digunakan serta racikan pepes usus, ati ampela, daun bawang yang menambah gurih cita rasanya.

Geco Nusasari

Kuliner lainnya yakni Geco Nusasari berada di pertigaan jalan Siti Jenab dan Jalan Siliwangi. Geco yang lezat ini berbahan dari irisan ketupat, rebusan tauge, mie sagu, dengan siraman bumbu tauco yang pekat dengan irisan daun bawang, bawang putih, kecap dan tomat. Ditambah topping irisan kentang goreng, tahu goreng ditemani kerupuk.

Warung Nasi Alam Sunda

Satu lagi masakan sunda yang sayang dilewatkan yakni Warung Nasi Alam Sunda yang berada di Jl. HOS. Cokroaminoto, Cianjur. Menu utamanya ada  ayam goreng, sop daging, soto betawi, tahu tempe, sambal teri. Belum lagi dari lalapan, rebusan, sop soto dan gorengan yang menggoda dengan pilihan sambal dari sangat pedas dan sedang.

Toko Manisan Mulia Sari

Kembali kami tawarkan dengan olahan manisan rumahan yang cocok untuk sebagai buah tangan kerabat dan saudara, olahan manisan homemade ini tanpa gula bibit atau biang dan bahan pengawet. Di toko ini dijamin manisan yang lebih segar dan lebih sehat. Pilih favorit manisan yang cocok dibawa pulang ada mangga muda, manisan salak , dan manisan pala. Lokasi buat beli oleh-oleh ini /Jl. Hos Cokroaminoto no 205, Cianjur.

Roti Popon

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan untuk membawa oleh-oleh khas Cianjur, Nah kali ini kudapan yang satu ini berbeda dengan toko lainnya yang dijual adalah Roti namun terkenal dengan nama Roti Popon. Roti ini homemade loh, urusan kelezatannya jangan ditanya pastinya enak sekali. Roti popon di cianjur sangat terkenal kelezatannya  dengan beragam rasa yang bisa dinikmati ada yang isi keju, sari kaya, coklat, kismis, daging ddan lainnya. Selain itu untu Roti tawarnya juga sangat enak sekali. Lokasinya ada  Jl. Taifur Yusuf No.25, Pamoyanan, Cianjur.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*