Wisata Kuliner di Sukabumi

Wisata Kuliner di Sukabumi
Wisata Kuliner di Sukabumi

Kali ini tim eresep masih di daerah Jawa Barat, ya kini kita meluncur daerah Sukabumi, memang kalau menuju kota ini dari Jakarta terkenal macet namun untuk menikmati kuliner Sukabumi harus menempuh perjalanan tersebut. Kami memiliki beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Anda cicipi, berikut daftar kuliner yang bisa Anda rasakan :

Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam khas Sukabumi ini terdapat di jalan Siliwangi No.93/131 ya kira-kira 15 menit dari stasiun Sukabumi, Bubur ayam yang terkenal dengan nama Bubur Ayam Bunut karena tidak jauh dari rumah sakit Bunut Sukabumi yang kini menjadi RS Syamsudin. Urusan isi didalamnya seperti layaknya bubur ayam pada umumnya namun urusan rasa jangan ditanya aduh enaknya, ditambaj taburan usus ati ampela, emping, dan telur muda sebagai topping. Bubur Ayam Bunur Siliwangi ini juga menyediakan menu lainnya selain bubur ayam, tidak salahnya untuk mencicipi sajian ringan dari Sukabumi ini loh.

Bandros Atta

Bandros bukanlah sejenis minuman namun Bandros adalah kue yang berbahan dasar tepung, racikan berupa kelapa parut dan santan membuat kue terasa gurih dan enak disajikan hangat-hangat. Rasa manis tidak membuat eneg saat gigitan pertamnya tekstur yang lembut rasanya cocok Bandros ini menemani Anda di pagi hari didaerah penggunungan Sukabumi. Bandros Atta menyajikan kue dengan varian rasa yang berbeda diantaranya cokelat, strawberry, vanila, dan keju, selain sajian utamanya adalah Bandros kalian bisa mencicipi juga menu lainnya yang tersedia di Bandros Atta. Ingin mencicipi juga datang saja ke jalan Gudang kebonjati yang tidak jauh dari stasiun Sukabumi.

Piscok Cakra

Kudapan yang satu ini bisa kalian temui di Jalan Ahmad Yani No.2 yang tidak jauh dari Masjid Agung kota Sukabumi, Coklatnya pecah di mulut Piscok Cakra memiliki citra rasa berbeda dengan piscok pada umumnya. Pilihan pisang yang baik jika dimasak menghasilkan tekstur yang lembut dengan taburan parutan keju dan coklat cair, jika di gigit makin ketagihan dan mau lagi mau lagi. Piscok Cakra salah satu buah tangan Sukabumi yang wajib dibeli jika berkunjung ke Sukabumi.

Mamih Ungu 

Kuliner yang satu ini merupakan rekomendasi kuliner malam, Mamih Ungu memiliki konsep Cafe & Resto dengan menu utama adalah Nasi Uduk. Pastinya rasanya beda banget loh guys, Nasi Uduk yang disajikan memiliki campuran goreng ayam kampung, urapan, sambal, kentang dan irisan telur dadar. Yang unik dari nasinya adalah memiliki warna khas yakni nasi berwarna ungu dan hijau, yang dibuat dengan pewarna alami dari saripati ubi ungu dan buah bit untuk warna hijaunya. Jika ingin mampir ke Mamih Ungu bisa dikunjungi dari jam 10 pagi hingga 10 malam loh di Jalan Brawijaya No.16 kecamatan Gunung Puyuh.

Udin Ramen

Walaupun bukan makanan khas dari Sukabumi namun Ramen merupakan kuliner yang banyak digemari warga Sukabumi, Udin Ramen menyajikan ramen dengan 15 tingkat kepedasannya sehingga kalian yang ingin mengunjungi kuliner yang satu ini jangan lupa mampir ke Jalan Arif Rahman Hakim No.85 dekat masjid Agung kota Sukabumi. Pilihan rasa pun bisa kalian nikmati dari mulai Ramen Kari ayam, Ramen kuah kari, Ramen tomyam, Ramen kungpao, dan ramen gozila.   

Mie Kocok Mang Ece

Mie Kocok memang identik dengan tanah sunda, selain bisa ditemui di kota Bandung Mie kocok juga dapat kalian temui di Sukabumi, sensasi Mie Kocok Mang Ece bisa kalian cicipi selain cita rasanya yang berbeda tenyata mang Ece sudah berdagang sejak tahun 70-an loh. Bumbu mie kocok yang gurih ditambah menggunakan daging sapi tanpa lemak serta tambahan paru kering dan ayam kampung menambah kenikmatan Mie Kocok ini. Langsung saja kalian bisa mampir ke Mie Kocok Mang Ece yang tedapat di Jalan Lettu Bakrie No.8, Benteng, Warudoyong, Sukabumi.

Laksa Pemuda Idrus

Laksa juga tidak terlepas dari tanah Jawa Barat, Sukabumi punya kuliner Laksa khas yakni Laksa Pemuda Pak Idrus karena Laksa ini berada di Jalan Pemuda I - Citamiang, Sukabumi jadinya namanya Laksa Pemuda ya. Kenapa Laksa pak Idrus ini sangat diminati karena sajiannya tidak terlalu berlebihan seperti laksa pada umumnya, rasa nikmat dari oncom sebagai salah satu bumbu paling enak ditambah Ketupat, tahu kuning, bihun dan tauge kuah kuning laksa yang khas Sukabumi ditambah topping kerupuk putih dan bawang goreng. 

Geco Sudirman

Sukabumi bukan hanya menyajikan pemandangan penggunungan alam yang masih asri yang sayang untuk dilewatkan, Sukabumi juga memiliki kuliner seperti Toge tauco (Geco) dengan racikan berbahan utama tauge, mie kuning yang direbus, dan ketupat yang disiram oleh bumbu tauco yang khas. Langsung mampir saja ke Jalan Jend.Sudirman yang berhadapan dengan Rumah Sakit As Syifa, dari mulai pagi sudah buka jadi buruan deh karena banyak pecinta kuliner memburunya.

Restoran Sunda Rasa

Jika sudah di Sukabumi menu makanan berat bisa jadi referensi karnea selama perjalanan rasa perut lapar mulai terasa, ada restoran Sunda Rasa dengan harga terjangkau dan menu yang ditawarkan beragam ya pastinya masakan sunda seperti sup iga, sup buntut, pepes ayam, tumis babat dan masih banyak lainnya. Restoran ini berada di pusat kota Sukabumi tepatnya di Jalan Siliwangi No.68, Kebon Jati, Cikole

Mochi Kaswari Lampion

Penutup perjalanan kuliner Sukabumi bisa pilih Mochi Kaswari Lampion sebagai buah tangan, pilih mochi di resto Kaswari Lampion ini yang tak hanya kue mochi yang enak namun memiliki varian mochi dengan rasa bermacam-macam, ada rasa coklat, keju, stroberi, kacang ijo, durian, blueberry dan masih banyak lainnya. Untuk membeli mochi sebagai buah tangan ada di Jalan Bhayangkara No. 19, Kaswari II, Selabatu, Cikole, Sukabumi.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*