Wisata Kuliner di Tasikmalaya

Wisata Kuliner di Tasikmalaya
Wisata Kuliner di Tasikmalaya

Menelisik menyusuri wilayah di Jawa Barat, Kami singgah di kota kecil di Jawa barat yakni kota Tasimalaya namun orang sering sebut Tasik. Kota kecil dengan keramahtamahan orangnya membuat kita yang singgah makin terus mengekplorasi kuliner yang ada di kota ini, Selain kulinernya Tasik sama halnya kota di Jawa Barat yang menawarkan keindahan panaroma penggunungan dengan udara yang sejuk di pinggir kota. 

Tasikmalaya memiliki ragam kuliner yang dapat dinikmati, keunikannya pun khas walaupun masih dibilang di tanah sunda yang memiliki kekhasan kuliner lalapan. Nah berikut kuliner Tasikmalaya jika Anda singgah kesana : 

Nasi Tutug Oncom (Kedai TO Benhil)

Makanan yang memiliki bahan bakunya dari ketersediaan oncom ini hanya bisa ditemukan di jalan Dadaha yang letaknya tidak jauh dari GOR Susi Susanti, menu santap kali menggunakan nasi putih dan oncom yang diolah dan dan menjadikan nasi putih menjadi tidak biasa, dengan rasa yang khas. Oncom yang di sangrai lalu dihancurkan bersama kencur, jahe dan garam membuat selera makan Anda makin lahap. Belum lagi sajian lalapan khas sunda dan aneka gorengan yang bisa di nikmati, jangan lupa pilih aneka sambel sebagai penambah nikmatnya makan Anda. Ada sambal bajak yang terbuat dari tumisan tomat, kemiri dan cabai merah yang dihaluskan, yang lainnya ada sambal goang pedas yang berisi cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar dengan garam lalu disiram minyak goreng panas. Kedai ini melayani dari mulai jam 3 sore hingga 7 malam loh. 

Rujak Bi Iyoy

Makanan sehat ala Tasik bisa Anda kunjungi Kedai Rujak Bi Iyoy Lokasinya terletak di daerah jalan Kolektoran/ Jl. H. Ikik Wiradikarta, Tasikmalaya. Pilhan menunya bisa nikmati lotek, rujak, kolak dan karedok yang di sajikan dalam pincuk, Jangan lupa pilih rujaknya yang memiliki bumbu berasa banget di lidah penggemar rujak karena bumbunya menggunakan honje. Adapun isi buahnya terdiri dari  ada nanas, bengkuang, kedondong, mangga, jambu, dan ubi. Bi Iyoy melayani pelanggannya setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 3 sore terkadang sebelum jam 3 sore pun terjual habis.

Kupat tahu Kabita

Kupat tahu berbeda dengan kupat tahu pada umumnya di daerah Jawa barat, Kupar tahu ini terdiri lontong berbentuk segitiga yang dipotong kecil lalu dipadu dengan tahu goreng kering dipotong sembarang terakhir disiram dengan kuah kacang kemudian sentuhan kecap manis dan bawang goreng menambah selera makan Anda. Kupat Tahu Kabita ini terletak di jalan Tarumanegara mulai dagang dari  pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore setiap harinya.

Bakmi Tasik (Mie Bakso Loma)

Tasikmalaya juga bisa dibilang banyak penjual bakmi bakso nih, Bakmi Tasik bisa dibilang sangat khas terutama pada racikan mie-nya yang bentuk mienya agak lebat dan panjang-panjang serta kenyal juga gurih. Kalau ingin rasakan bakmi khas Tasik bisa berkujung ke Mie Bakso Loma yang berada di Jalan Tarumanegara, Bakmi dan bakso yang enak dengan komposisi sepadan dengan rasa serta harganya loh.

Soto Ayam Pataruman 

Kuliner Soto Ayam juga tersedia di kota ini loh, soto ayam setiap daerah di Indonesia berbeda-beda termasuk Tasikmalaya yang memiliki soto ayam dengan racikan bumnu khas daerah ini. ciri khas soto ayam Tasik kuah bersantan, ingin merasakan Soto Ayam Tasik bisa lari ke Soto Ayam Pataruman yang terletak di Jl. Pataruman No.23, Yudanagara, Cihideung. Menu isian soto yang dapat di pilih antara lain daging dada, daging paha, kulit, ati ampela, telor, ceker dan kepala. 

Pecel Oranye

Di Tasik juga memiliki Pecel kudapan ini merupakan makanan yang universal yang dapat ditemui dibeberapa wilayah di Indonesia, Sama hal pada pecel pada umumnya Pecel Oranye asal Tasikmalaya ini sudah lama berdiri sejak tahun 1925 dan bertahan hingga kini dalam menyajikan warisan budaya berupa kuliner. Pecel dengan bumbu kacang yang nikmat menambah selera Anda, selain itu Anda bisa menikmati menu berbumbu lainnya seperti lotek, karedok maupun gado-gado. Pecel Oranye ini berlokasi di Jalan Empang No.27 Tasikmalaya.

Bubur Ayam H.Zaenal 

Menu makanan ini khususnya di Jawa Barat sangat mudah ditemui, sama halnya Tasikmalaya juga memiliki Bubur Ayam yang legendaris yakni warung bubur ayam Tasik H. Zaenal yang membuat ketagihan pelanggannya. Bukan hanya sekedar bubur paduan ayam, telur, cakwe, ampela ati serta kacang ditambah kenikmatannya menggunakan kerupuk. Nah jika ingin mampir ada di Jalan R. Ikik Wiradikarta No.33 Tawangsari, Tawang, Tasikmalaya.

Rumah Makan Pantai Dadaha

Jika mendengar rumah makan yang satu ini mungkin berasumsi bahwa rumah makan ini ada di pinggir pantai, namun asumsi itu salah Rumah Makan Pantai Dadaha berada di jalan Terusan BCA RT 02/10 Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya. Adapun menu yang disajikan khas menu seafood yakni gurame bakar, ikan bakar, dan lainnya. Untuk menu selain seafood ada juga ayam goreng maupun bakar, dengan menu seafood dan pilihan bumbu yang nikmat menjadi salah satu target kuliner untuk makanan berat di Tasikmalaya.   

Masih banyak makanan khas Jawa Barat di Tasikmalaya. Silakan mampir di Tasikmalaya, dan silakan menikmati surga makanan khas Jawa Barat. 

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*