Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki

Takoyaki merupakan jajanan dari Jepang berbentuk bola yang terbuat dari adonan berbahan dasar tepung dan dimasak dalam wajan yang dibentuk khusus, setelah masak disiram dengan saus takoyaki yang gurih. Takoyaki Biasanya diisi dengan gurita cincang atau potong dadu (tako) makanya takoyaki sering disebut juga bola gurita Jepang. Takoyaki biasanya dihidangkan dalam kondisi panas.


Sejarah

Takoyaki konon awalnya berasal dari Osaka, dimana, menurut satu teori, seorang pedagang kaki lima bernama Tomekichi Endo menciptakan hidangan gurita lezat ini pada tahun 1935. Namun, itu bukan penemuan yang tiba-tiba melainkan adaptasi dari versi sebelumnya, hidangan lain yang disebut choboyaki, awal mula takoyaki seperti yang kita kenal sekarang. Choboyaki agak mirip di dalam bahannya, tetapi dalam penampilan, bentuknya seperti persegi panjang datar daripada bentuk bola.

Dari choboyaki berevolusi menjadi rajioyaki, kemungkinan dinamai menurut penemuan terbaru, paling populer saat itu. Bentuk bola yang khas diperkenalkan dengan rajioyaki, dan hidangan itu umumnya diisi dengan daging sapi. Ketika isi daging sapi diganti dengan potongan gurita, bola gurita Jepang (takoyaki) lahir.

Sejak saat itu, hidangan tersebut telah menaklukkan selera masyarakat Jepang. Ini adalah makanan wajib untuk festival di Jepang, dijual di kios yang disebut yatai, dan juga dapat ditemukan di toko-toko dan restoran di seluruh negeri. Demikian juga, berbagai varietas takoyaki regional telah berkembang seiring berjalannya waktu karena hidangan telah bermigrasi atau dikenal di berbagai negara. 

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*