Denden Age

Denden Age
Resep Denden Age

Bahan
2 L    air untuk merebus
1  sdt    garam
500 q     daging paha/gandik sapi
2 sdm    minyak untuk menumis
100 ml areh dari 300 ml santan kental ( dari 1 butir kelapa)
daun pisang untuk membunqkus  
12 bilah bambu untuk menjepit  
24 potong batang daun pepaya ukuran 1 1/2 cm    
12 lembar daun pisang @ ukuran 6 x 10 cm untuk membunqkus
lidi untuk menyemat

Haluskan:
10  butir bawang  merah
3 siunq bawanq putih
1 sdm    ketumbar sanqrai
3 butir    kemiri sanqrai
2 sdm    qula merah
2 sdt     garam

Cara Membuat :


1. Didihkan air dan garam, masukkan daging, rebus hingga lunak dan air tinggal sedikit. Angkat, tiriskan. Potong daging melintang serat ukuran 6 x 5 x 1 cm. Memarkan hingga daging menipis dan agak tercabik-cabik. Sisihkan.


2. Panaskan minyak,tumis bumbu halus hingga harum,angkat, biarkan uapnya Nang. Aduk rata bumbu tumis dan areh, sisihkan.


3. Jepit setiap potong daging dengan setiap bilah bambu. Beri batang daun pepaya di kedua pucuk batang bambu penjepit. Lumuri setiap potong daging dengan 2 sdm areh berbumbu hingga rata.


4. Bungkus daging berbumbu dengan daun pisang, semat dengan lidi.


5. Panggang daging di atas api kecil hingga agak kering, buka daun pembungkusnya, lumuri kembali dengan areh berbumbu, bungkus dan panggang kembali hingga bumbu meresap. Angkat, sajikan

Tip:
- Rebus daging dalam keadaan utuh di air mendidih agar rasa gurih daging terkunci di dalamnya. Untuk mempersingkat waktu, rebus daging dalam panci tekan. Memarkan daging agar mudah menyerap bumbu.
- Areh adalah santan kental yang dimasak hingga berminyak.
- Untuk mendapatkan sapit bambu penjepit daging, siapkan 1 ruas bambu panjang 20 cm, potong-potong menjadi bilah berukuran 1cm, lalu masing-masing bilah bambu dibelah silang sepanjang 12 cm.
- Agar daging tidak terlepas dari bambu penjepitnya dan bentuknya tetap cantik, beri selongsong dari batang daun pepaya (yang juga berfungsi sebagai hiasan), di ujung bambu penjepit.Jika tidak ada, bambu penjepit bisa diikat dengan benang katun.
- Agar aroma Dendeng Age lebih harum, bakar di atas bara arang. Sewaktu membakar, gunakan api kecil dan lumuri dengan bumbunya berulang-ulang.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*