Ravioli Isi Bayam

Ravioli Isi Bayam
Resep Ravioli Isi Bayam

BAHAN:
Air untuk merebus
1/2 sdt garam

Pasta:
150 g tepung terigu berprotein tinggi *)
1 1/2 sdt garam
3 butir telur ayam
3 sdt minyak zaitun
100 ml air

Isi:

5 sdm mentega tawar
500 g daun bayam, siangi
1 sdt garam
1 1/2 sdt merica hitam bubuk
150 g keju parmesan bubuk
1 1/2 sdt pala bubuk
2 butir telur ayam, kocok lepas

Saus krim, campur, masak sambil aduk rata:
130 g mentega tawar
450 ml krim kental
150 g keju parmesan

Cara Membuat :


1. Campur terigu dan garam. Buat lubang pada campuran terigu, pecahkan telur ke dalamnya. Tambahkan minyak dan air, uleni selama 10 menit hingga membentuk adonan yang kalis. Bungkus adonan dengan plastik, istirahatkan dalam suhu ruang selama 15 menit. Sisihkan.


2. Isi: Panaskan mentega, tumis bayam hingga layu. Angkat, biarkan dingin, cincang halus. Tambahkan semua sisa bahan isi, aduk rata. Sisihkan.


3. Ambil adonan pasta, bagi menjadi dua bagian. Dengan menggunakan mesin penggiling pasta, tipiskan tiap bagian hingga ketebalannya menjadi 2 mm.


4. Potong tiap lembaran adonan menjadi dua bagian. Bentangkan satu lembar adonan, letakkan masing-masing 1 sdt bahan isi, dengan jarak di antaranya. Olesi jarak di antaranya dengan air. Tutup dengan lembaran lainnya. Rekatkan sisi-sisi sekeliling isi.

5. Dengan menggunakan pisau pastry bergerigi, potong-potong bentuk persegi ukuran 4 x 4 cm, taburi terigu. Rebus ravioli dalam air mendidih yang telah dibubuhi garam selama 5 menit hingga matang. Angkat, tiriskan. Sajikan ravioli bersama saus

*) Tepung terigu berprotein tinggi mempunyai kadar protein di atas 12%. Tepung terigu jenis ini biasanya dipakai untuk membuat mi, roti, atau pasta sehingga hasilnya lebih kenyal.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*