Salmon en croute

Salmon en croute
Resep Salmon en croute

BAHAN:
1 buah (600 - 800 g) fillet salmon utuh
1 sdm air jeruk lemon
1 1/2 sdt garam
1 sdt merica hitam bubuk
1 sdt daun dill segar *)
2 sdm minyak zaitun
1 sdm mentega tawar
1 lembar puff pastry, siap pakai **)
1 butir telur ayam, kocok lepas, untuk olesan

Isi:
1 sdm minyak zaitun
1 sdm mentega tawar
75 g bawang bombay cincang
150 g jamur kancing segar, cincang halus
200 g daun bayam, rebus setengah matang, tiriskan, cincang kasar
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Saus, jerang di atas api sedang sambil aduk hingga mendidih:

500 ml krim kental ***)
3 sdt daun dill segar
3 sdm mentega tawar
3/4 sdt garam
3/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

CARA MEMBUAT:


1. Perciki fillet salmon dengan air jeruk nipis, bubuhi garam, merica, dan daun dill. Panaskan minyak zaitun dan mentega, masukkan fillet salmon, masak hingga setengah matang. Angkat, tiriskan. Sisihkan.


2. Isi: Panaskan minyak dan mentega, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan jamur cincang, tumis sebentar. Tambahkan bayam, bubuhi garam dan merica, aduk rata. Angkat, tiriskan. Sisihkan.


3. Tipiskan kulit puff pastry di atas permukaan talenan yang sudah ditaburi tepung hingga berukuran 30 x 40 cm atau sesuai ukuran panjang dan lebar fillet salmon. Taruh salmon pada bagian tengah, tambahkan tumisan bayam dan jamur di atasnya hingga salmon tertutup, ratakan.


4. Penyelesaian: Tutup kulit pastry sambil dibalikkan secara perlahan hingga tumisan bayam berada di bawah. Rapikan sambil cubit-cubit seluruh sisi puff pastry hingga merekat. Dengan pisau tajam, buat beberapa keratan bentuk garis menyerong pada bagian permukaan atas.


5. Olesi permukaannya dengan telur kocok. Panggang dalam oven panas bersuhu 200° C selama 45 menit hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat. Biarkan agak hangat, potong-potong, sirami saus. Sajikan segera.

*) Daun dill: Rempah daun dari Eropa Selatan dan Asia Barat. Daunnya halus menyerupai jarum. Dijual segar dan kering di pasar swalayan.
**) Puff pastry: Adonan tepung dan lemak yang dibuat berlapis-lapis. Dijual dalam keadaan beku siap olah di pasar swalayan. Sebelum ditipiskan, keluarkan kulit puff pastry beku dari freezer dan biarkan dalam suhu ruang selama 1 jam hingga lunak.
***) Krim kental: Kepala susu yang berkadar lemak di atas 40%. Seperti susu cair, tapi lebih bervolume. Dijual dalam kemasan karton di pasar swalayan pada bagian susu segar.


TIP:
- Salmon en CroUte, atau salmon yang dibungkus, adalah hidangan asal Prancis.
- Jika tidak ada fillet salmon ukuran panjang, gunakan fillet dengan ukuran porsi individual. Dengan begitu, Anda juga perlu memotong kulit pastry sesuai ukuran salmon.
- Saat membalikkan fillet ikan yang sedang dimasak, gunakan dua buah sutil, balikkan perlahan agar daging tak pecah dan patah.
- Supaya kulit pastry tidak basah, pastikan bahan isinya kering dan tidak berair. Tiriskan daun bayam yang telah direbus dan fillet salmon yang sudah dimasak sampai benar-benar kering.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*