STROBERI MANGKUK COKELAT

STROBERI MANGKUK COKELAT
Resep STROBERI MANGKUK COKELAT

Untuk 24 buah
Kalori per buah: 121 kal


BAHAN:

250 g cokelat masak pekat, cincang kasar
1 1/2 sdt shortening *)
24 buah stroberi segar, belah 2, ujungnya tidak putus
1 1/2 sdm almond keping, panggang

Krim:
250 g cream cheese, lembutkan
40 g gula bubuk
125 ml krim kental **)
1 sdt air jeruk lemon

CARA MEMBUAT:
- Siapkan mangkuk kue kertas berdiameter ± 3 cm. Sisihkan. Mangkuk cokelat: Tim cokelat dan shortening di atas api kecil hingga meleleh. Angkat, biarkan uap panasnya hilang.
- Ambil satu buah mangkuk kertas. Dengan kuas halus olesi seluruh bagian dalam mangkuk dengan cokelat leleh hingga menutupi seluruh bagian lipatannya. Biarkan agak mengeras, olesi kembali hingga lapisannya tebal. Simpan dalam lemari pendingin selama 1 jam hingga keras.
- Setelah keras, lepaskan mangkuk kertas secara perlahan. Simpan kembali dalam lemari pendingin. Sisihkan.
- Krim: Kocok cream cheese dan gula bubuk hingga lembut. Tambahkan krim kental dan air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan dalam kantong spuit.**)
- Penyelesaian: Ambil mangkuk cokelat, isi dengan satu buah stroberi. Hiasi atasnya dengan krim dan almond keping. Lakukan kembali dengan sisa bahan.
- Sajikan.

*) Shortening: Sejenis margarin yang dibuat dari minyak sayur. Berwarna kuning pucat dan biasanya tidak beraroma. Dijual di toko bahan kue dan pasar swalayan. Jika tidak ada, bisa diganti dengan mentega putih.
**) Krim kental: Kepala susu yang berkadar lemak 40%. Berwarna putih dan lebih kental dari susu cair. Dikemas dalam karton tetra pak dan tersedia di pasar swalayan di bagian susu segar.
**) Kantong spuit: Kantong plastik berbentuk segi tiga yang biasa digunakan untuk membuat hiasan dari adonan kue. Jika tidak ada, bisa digunakan plastik bening biasa.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*