Ayam Panggang Bumbu Chutney

Ayam Panggang Bumbu Chutney
Resep Ayam Panggang Bumbu Chutney

Bahan:
1 ekor (1,05 kg) ayam ras utuh, siap pakai
3 buah jeruk nipis, ambil airnya
benang katun untuk mengikat
kertas aluminium
100 ml kaldu ayam

Bumbu perendam:

250 g mentega, lelehkan
6 sdm chutney mangga, cincang halus
6 sdm saus tomat
4 sdm saus Worcestershire
1 sdt pala bubuk
2 sdt merica bubuk
4 sdt garam
1 sdt cabai bubuk

Pelengkap:
roti Pita, siap pakai

cara membuat :


1. Buang kepala dan ceker ayam.Cuci bersih dan tiriskan.Lumuri seluruh bagian ayam termasuk bagian dalam ayam dengan air jeruk nipis hingga rata. Lipat sayap ayam ke arah badan ayam, ikat badan ayam di dekat bagian sayap dan di kedua kaki ayam dengan benang katun agar bentuk ayam tetaP cantik . Diamkan selama 30 menit, sisihkan, tiriskan.


2 . Bumbu perendam: Aduk rata mentega leleh, chutney mangga, saus tomat, saus Worcestershire, pala bubuk, merica bubuk, garam, dan cabai bubuk. Bagi bumbu perendam menjadi dua bagian.


3. Lumuri seluruh bagian ayam de-ngan setengah bagian bumbu perendam hingga rata. Bungkus ayam dengan kertas aluminium, simpan dalam lemari  pendingin selama 24 jam, agar bumbu meresap. Buka kertas aluminium, tusuk ayam dengan tusukan pemanggang melalui bagian ekor ayam hingga ke leher ayam. Bungkus kembali ayam dengan kertas aluminium.


4. Taruh ayam bertusuk pada panggangan yang berputar dalam oven panas bersuhu 180° C. Panggang selama 30 menit. Buka kertas aluminium, panggang kembali ayam selama 1 jam, sambil sekali-sekali diolesi sisa bumbu perendam hingga ma-tang dan berwarna kuning keemasan. Angkat.


5. Panaskan sisa bumbu perendam. Tuangi dengan kaldu ayam, aduk rata dan didihkan. Angkat. Potong-potong ayam, sajikan segera dengan roti pita dan saus.

Tip:
- Di pasaran dijual mentega jenis salted butter, light butter, dan unsalted butter. Pilih mentega jenis light butter agar tidak terlalu asin.
- Chutney mangga adalah acar mangga dari India. Warnanya kuning kehijauan, dijual dalam kemasan botol.
- Roti pita atau pita bread adalah roti khaslimur Tengah yang dibuat dari tepung terigu tanpa ragi. Berbentuk bundar pipih dan berdiameter 16-18 cm. Dijual siap pakai dalam kemasan plastik.
- Jika ayam yang dipilih beratnya lebih dari 1 kg, membutuhkan waktu perendaman dan pemanggangan yang lebih lama.
- Agar tidak amis, tiriskan ayam dari lumuran air jeruk nipis atau air cuka encer dengan cara menggantung ayam.
- Ayam dibungkus dengan kertas aluminium sewaktu dipanggang pertama kali dalam panggangan berputar agar ayam tidak mudah gosong. Panggang ayam hingga air yang keluar tidak berwarna merah dan sewaktu ditekan sudah terasa kaku. Kemudian matangkan ayam panggang tanpa kertas aluminium.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*