Sup Jamur Putih

Sup Jamur Putih
Resep Sup Jamur Putih

Bahan:
3 buah (40g jamur putih kering
1/2 ekor (400 g) ayam buras, potong-potong
2 liter air
2 sdm minyak sayur
3 siung bawang putih, cincang halus
50 g bawang Bombay, cincang halus
250 g wortel, kupas, iris menyerong tipis
250 kembang kol, lepaskan kuntumnya
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 sdt garam
15 butir telur puyuh, rebus, kupas
1 batang seledri, potong-potong kasar
 
Cara Membuat :


1. Rendam jamur putih kering dalam air dingin hingga mengembang. Tiriskan, sobek kasar. Sisihkan.


2. Didihkan air, masukkan ayam, kecilkan api. Rebus hingga daging ayam lunak dan kuahnya tinggal 1,5 liter. Jika perlu tambahkan air panas. Angkat, saring kaldu, sisihkan ayam.


3. Buang tulang ayam rebus. Iris-iris kasar atau suwir-suwir daging ayam. Masukkan kembali suwiran daging ayam ke dalam kaldu. Didihkan kembali kaldu, sisihkan.


4. Panaskan minyak sayur, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu. Angkat, tuangkan bawang putih tumis berikut minyaknya ke dalam kaldu mendidih.


5. Masukkan jamur putih, wortel, dan kembang kol. Masak hingga sayuran lunak. Tambahkan merica, pala, dan garam, aduk rata. Masukkan telur puyuh dan seledri, didihkan sekali lagi. Angkat, sajikan.

Tips

- Jamur putih kering dapat dibeli di gerai bahan makanan Cina. Pilih jamur putih kering yang warnanya putih bersih, jangan yang bernoda kuning atau cokelat, karena rasanya akan sedikit pahit.
- Sebelum diolah lebih lanjut, rendam jamur dalam air dingin agar jamur lunak dan bebas kotoran jika ada.
- Agar kaldu sup bening, tidak keruh, dan tidak berlemak, gunakan selalu api kecil, dan saring kaldu dengan cara menggunakan saringan yang telah dialasi dengan kain tipis bersih.
- Untuk menghindari ulat bunga kol, rendam bunga kol dalam air bergaram dengan bagian tangkai menghadap ke atas selama 10 menit.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*