Pizza Renyah Tabur Keju

Pizza Renyah Tabur Keju
Resep Pizza Renyah Tabur Keju

BAHAN:
Adonan Kulit:
450 g tepung terigu, ayak
1 bungkus (11 g) ragi instan, siap pakai
300 ml air hangat
5 sdm minyak zaitun
1 sdt garam

Pelengkap:
4 sdm minyak zaitun
1 sdm oregano kering

Topping, parut kasar:
200 g keju parmesan
150 g keju cheddar
125 g keju camembert *)
150 g keju emmenthal **)

Cara Membuat :


1. Kulit: Campur tepung dan ragi hingga rata, sisihkan. Masukkan air hangat dan minyak bergantian sambil uleni adonan hingga setengah kalis. Tambahkan garam, uleni kembali adonan hingga kalis. Bulatkan adonan.


2. Tutup adonan dengan selembar plastik, diamkan selama 45 menit. Sisihkan. Kempiskan adonan, bagi menjadi 6 bagian @ 100 g, bulatkan kembali, tutup plastik, diamkan selama 15 menit. Sisihkan.


3. Kempiskan adonan, gilas tiap adonan di atas loyang pizza berdiameter 25 cm yang sudah diolesi minyak hingga ketebalan 3 mm. Diamkan selama 10 menit. Panggang dalam oven panas bersuhu 180°C selama 25 menit, angkat.


4. Olesi kembali pizza dengan minyak zaitun hingga rata. Taburi topping dan oregano hingga rata dan tertutup seluruh permukaannya.


5. Panggang kembali dalam oven panas menggunakan api atas selama 5 menit hingga keju meleleh dan kecokelatan. Angkat, potong-potong selagi panas, sajikan.

*) Keju camembert: Keju ini bentuknya lembut dengan aroma sedikit menyengat. Dijual dalam kemasan kantong karton di lemari pendingin di toko swalayan.
**) Keju emmenthal: Keju asal Swiss yang berwarna kuning pucat dan bertekstur halus. Terlihat lubang-lubang di permukaan keju.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*