Salad ayam saus tabbouleh

Salad ayam saus tabbouleh
Resep Salad ayam saus tabbouleh

Bahan :
Tabbouleh:
115 g bulgur kering*)
1 buah mentimun hijau, buang bijinya, potong dadu 1/2 cm
10 g daun ketumbar, cincang halus
10 g daun seledri, cincang halus
100 ml  minyak zaitun
1/2 sdt garam
50 ml air jeruk lemon

Ayam panggang:
1/2 ekor ayam ras, bersihkan
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm kecap beraroma, siap pakai**)

Pelengkap:
100 g    kol, buang tulang daunnya, iris halus
1 sdt    merica hitam butiran, tumbuk kasar

Cara Membuat :
- Tabbouleh: Cuci bulgur dengan air mengalir hingga bersih, tiriskan. Rendam dalam air selama 1 jam, tiriskan. Tekan-tekan di atas saringan agar butiran bulgur lebih mekar dan airnya tiris, sisihkan.
- Kukus bulgur dalam dandang panas selama 20 menit hingga matang, angkat, dinginkan. Campur bulgur dengan irisan mentimun, aduk rata. Tambahkan daun ketumbar, seledri, minyak zaitun, garam, dan air jeruk, aduk rata.
- Ayam panggang: Lumuri ayam dengan bawang putih, merica, dan kecap beraroma, hingga rata. Diamkan selama 4 jam, sisihkan.
- Letakkan ayam di atas loyang beralas kertas alumunium dan beroles mentega, panggang dalam oven panas bersuhu 180° C selama 1 jam hingga matang. Angkat, dinginkan. Potong daging ayam memanjang, sisihkan.
- Susun kol dalam piring saji, tambahkan campuran bulgur, potongan ayam panggang, siram dengan saus. Taburi merica hitam butiran, sajikan segera.

- agar bulgur matang tidak menjadi kering, tutup dengan plastik selama nenungu proses pengolahan
*) Bulgur adalah biji gandum yang telah dipanggang. Bentuknya kecil berwarna cokelat muda. Biasa digunakan untuk masakan Timur Tengah. Dijual dalam kemasan plastik dalam bentuk kering.
**) Kecap beraroma: Kecap berbumbu yang terdiri atas garam, gula, glukosa dan karamel. Warnanya cokelat tua dan cair. Dijual dalam kemasan botol.






0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*