Selada Santa Fe

Selada Santa Fe
Resep Selada Santa Fe

Bahan:
300 g    filet dada ayam
1 sdt    garam
2 sdm mentega
4 lembar tortilla mentah @ berdiameter 23 cm
100 g    kol merah, iris halus
100 g    wortel, kupas, serut halus
200 g    buah tomat, masing-masing belah 8 bagian
200 g    daun lettuce Romaine, sobek kasar
40 g    keju Cheddar

asap Saus:
200 g    mayones
8 sdt    mustard
3 sdt    madu

Cara Membuat :


1. Lumuri filet dada ayam dengan garam hingga rata, biarkan selama 20 menit. Panaskan wajan dadar beralas tebal, lelehkan mentega. Masak filet ayam sambil balik-balik sampai matang. Angkat, iris melintang 1 cm. Sisihkan.


2. Lipat dua tortilla mentah, panggang dalam oven panas bersuhu 160° C selama 3-5 menit. Angkat, sisihkan.


3. Aduk rata wortel dan kol merah. Sisihkan.


4. Saus: Aduk rata semua bahan saus. Sisihkan.


5. Taruh lettuce Romaine, campuran wortel, tomat, dan irisan ayam ke dalam lipatan tortilla. Tuangi sausnya dan taburi keju parut. Sajikan segera.

Tips :
- Tortilla adalah keripik jagung khas Meksiko. Bentuknya bundar berdiameter 10-23 cm. Di pasar swalayan terkemuka, tortilla dijual dalam keadaan mentah dan siap pakai dalam kemasan kantong plastik.
- Lettuce jenis Romaine daunnya panjang dan bertekstur kasar agak keriting. Berwarna hijau segar dengan tulang daun keras dan berserat. Daun bagian dalam berwarna hijau muda dan memiliki tulang daun berwarna kekuningan. Rasa selada Romaine, segar, tidak pahit, dan renyah.
- Keju Cheddar asap adalah salah satu jenis keju Cheddar, yakni keju terkenal dari Inggris. Keju Cheddar asap ini beraroma asap dan berwarna oranye terang. Dijual dalam bentuk satuan utuh dan irisan.
- Jenis mustard yang dipakai adalah jenis French mustard pasta, yang terbuat dari cuka, biji mustard, paprika, kunyit, bubuk bawang putih, dan garam. Berasal dari Prancis dan berwarna kuning dengan cita rasa asam. Dijual dalam kemasan botol.
- Untuk mematangkan ayam, pakai wajan dadar beralas tebal dengan motif garis (biasa dipakai untuk menggoreng steik) supaya hasil gorengannya cantik bergaris-garis. Jika tidak ada, bisa dipakai wajan dadar tebal biasa.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*