Swarma Daging Sapi

Swarma Daging Sapi
Resep Swarma Daging Sapi

Bahan :
Roti Pitta:
8 g    ragi instan, slap pakai
225 g    tepung terigu berprotein tinggi, ayak bersama 1 sdt garam*)
175 ml    air hangat

Swarma:
400 g daging sapi bagian has dalam, potong ukuran 1/2 x 1/2 x 7 cm
4 sdm    madu
5 sdm    minyak sayur
50 ml    air jeruk manis
1 sdt    garam
1 sdt    merica bubuk

Saus:
200 ml mayones
1 buah    jeruk lemon, ambil airnya
1/4 sdt garam
1 sdt    merica hitam butiran, tumbuk kasar
25 g    paprika hijau, buang biji, iris dadu kecil
25 g    bawang Bombay, cincang halus
2 sdt    daun peterseli, cincang halus
1 sdm    daun mint, cincang halus**)

Pelengkap:
100 g    selada bokor, iris halus
1 buah    (75 g) bawang Bombay, iris tipis melintang
200 g    tomat merah, iris tipis melintang

Cara Membuat :
- Roti Pitta: Aduk rata terigu dan ragi.Tuangi air sambil uleni hingga kalis. tutup dengan plastik, diamkan di tempat hangat selama 1/2 jam agar adonan mengembang. Sisihkan.2
- Pukul adonan, bagi menjadi @ 50 g, bulatkan. Gilas adonan hingga ketebalan 1/2 cm. Panggang dalam oven panas bersuhu 220° C selama 10 menit hingga menggelembung *). Balikkan roti, panggang kembali selama 5 menit hingga matang. Angkat. Sisihkan.
- Swarma: Jerang madu, 2 sdm minyak dan air jeruk hingga mendidih. Bubuhi garam dan merica bubuk, aduk rata. Angkat. Masukkan daging, aduk rata. Simpan dalam lemari pendingin selama 2 jam agar bumbu meresap. Sisihkan. Goreng daging dalam minyak panas hingga matang, angkat. Sisihkan.
- Saus: Campur mayones, air jeruk, garam, dan merica. Aduk rata. Tambahkan paprika dan bawang Bombay, aduk kembali hingga rata. Masukkan peterseli dan daun mint, aduk rata. Sisihkan.
- gunting bagian tengah roti, buka hingga bagian dalamnya berongga. Isi dengan daun selada, bawang Bombay, dan tomat. Tambahkan daging. Siram dengan saus. Sajikan hangat.

*) Agar roti dapat menggelembung setelah matang, letakkan adonan pada loyang datar yang telah dipanaskan terlebih dahulu dalam oven panas bersuhu 220° C selama 15 menit dan jugs panggang roti dalam oven yang benar-benar panas (suhu 220° C).
- Bungkus roti pitta yang sudah matang dalam lap kering supaya permukaan roti tidak mengeras.
*) Tepung terigu berprotein tinggi: Salah satu tepung terigu yang mengandung protein tinggi lebih dari 11%, cocok untuk membuat roti dan mi.
**) Daun mint: Salah satu rempah daun yang berasal dari Eropa. Berwarna hijau dengan daun bergerigi pinggirnya. Aromanya tajam dan khas. Dijual dalam keadaan segar.




0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*