Sayap Ayam Raja

Sayap Ayam Raja
Resep Sayap Ayam Raja

Bahan:
500 g (10 buah) sayap ayam, cuci bersih

Bumbu perendam:
2 sdt bawang putih cincang
2 sdt jahe cincang
4 batang daun ketumbar yang masih berakar, cuci bersih, cincang
1 sdt merica hitam butiran, tumbuk kasar
1/2 sdm gula pasir
2 sdm kecap asin
2 sdm minyak

Cara Membuat :


1. Potong sayap ayam menjadi dua bagian. Ambil bagian sayap yang berdaging banyak,sisihkan.


2. Sayat sayap ayam dengan pisau yang tajam dari bagian atas (yang berdaging lebih sedikit) ke bagian bawah (yang berdaging lebih banyak), tidak putus. Tarikdaging sayap ayam ke bagian bawah hingga tulang sayap ayam terlihat sedikit. Kepal daqing sayap ayam sambil bulatkan.


3. Bumbu perendam: Aduk rata semua bahan bumbu perendam hingga rata.


4. Rendam sayap ayam dalam bumbu perendam selama 2 jam hingga bumbu meresap.Sisihkan.


5. Taruh sayap ayam dalam pinggan tahan panas. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C selama 35 menit hingga matang.Angkat,sajikan panas.

Tip:
- Pilih sayap ayam yang gemuk dan segar.
- Untuk sajian ini yang diperlukan hanya sayap yang berdaging banyak. Sisa potongan sayap ayam yang berdaging sedikit dapat dimanfaatkan untuk masakan lain atau rendam dalam sisa bumbu perendam dan goreng hingga matang.
- Sayat sayap ayam dengan pisau yang tajam agar bentuk sayap tidak rusak. Potongan sayap demikian disebut juga dengan istilah drum stick.
- Pilih daun ketumbar yang segar dan masih berakar. Sikat dan cuci bersih akar daun ketumbar.Cincang seluruh bagian daun ketumbar agar aroma daun ketumbar keluar.
- Untuk mendapatkan hasil yang lebih renyah, goreng sayap ayam dalam minyak secukupnya di atas api besar hingga setengah matang lalu panggang dalam oven hingga matang dan kering berminyak.

0 Komentar
Kirim Komentar

Email tidak akan di publish. Required fields are marked*